Menang Tipis Atas Belgia, Prancis ke Final

(AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Bermodalkan 1 gol yang membuat timnas Prancis lolos ke final Piala Dunia 2018 setelah menang atas Belgia pada babak semifinal yang berlangsung di Arena St Petersburg, Selasa (10/7/2018) atau Rabu (11/7/2018) dini hari WIB.

Gol kemenangan Les Bleus dicetak oleh Samuel Umtiti di babak kedua.

Pada pertandingan terlihat kedua tim tampil dengan permainan menyerang sejak awal pertandingan. Terbukti, Belgia sudah punya kesempatan emas melalui aksi Eden Hazard pada menit ke-15. Sayang, tembakan sang kapten masih belum menemui sasaran.

Prancis membalas pada menit ke-18. Tembakan keras Blaise Matuidi dari luar kotak penalti mengarah ke gawang Belgia. Namun, bola masih bisa dijinaknan Thibaut Courtois karena datang tepat ke arahnya.

Tidak beberarapa, Hazard kembali mengancam gawang Prancis yang dikawal Hugo Lloris. Namun, kali ini peluang itu mentah setelah bola mengenai pemain belakang Les Bleus.

Penyelamatan gemilang dilakukan Lloris pada menit le-21. Bola hasil tembakan Toby Alderweireld dari dalam kotak penalti mengarah ke sisi kanan gawang Prancis. Namun, kiper Tottenham Hotspur itu terbang untuk memblok bola masuk ke gawangnya.

Baca juga:  Prediksi Timnas U-19 vs Qatar U-19

Tak mau kalah, Courtois juga membuat penyelamatan luar biasa jelang akhir babak pertama. Dia memblok bola hasil tendangan Benjamin Pavard dengan kakinya. Peluang emas Prancis hanya berbuah sepak pojok. Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 tetap tak berubah.

Samuel Umtiti Pahlawan Prancis

Timnas besutan Pelatih Didier Deshamp Prancis akhirnya mampu membuat keunggulan pada menit ke-51. Berawal dari sepak pojok yang dilakukan Griezmann, Samuel Umtiti membobol gawang Courtois lewat sundulan. Bola meluncur mulus ke gawang Belgia.

Unggul sementara 1-0 membuat pemain tim Prancis kian bersemangat. Anak asuh Didier Deschamps kian percaya diri dalam menekan pertahanan Belgia. Bahkan, mereka nyaris menambah keunggulan andai upaya Olivier Giroud tak digagalkan Ousmane Dembele.

Sementara para pemain Belgia terlecut untuk menambah daya dobrak. Vincent Kompany dkk beberapa kali melancarkan ancaman lewat Alderweireld, Kevin de Bruyne dan Fellaini. Sayang, belum satu pun kesempatan yang mampu dimanfaatkan.

Pada menit ke-81, Alex Witsel nyaris membuat Belgia menyamakan kedudukan. Dia melepaskan bola dengan tembakan keras dari dalam kotak penalti dan mengarah ke gawang Prancis. Namun lagi-lagi, Lloris menjadi tembok kukuh untuk timnya.

Baca juga:  Jonatan dan Anthony Ginting Lolos Babak 2 Hong Kong Open 2019

Belgia beberapa kali memiliki peluang untuk memecah kebuntuan. Namun, tak ada satu pun yang mampu diubah menjadi gol penyama kedudukan.

Prancis yang mengandalkan serangan balik, juga memiliki sejumlah kesempatan untuk menambah keunggulan. Namun, hingga pertandingan berakhir skor 1-0 untuk Prancis tetap bertahan.

Susunan Pemain

Prancis (4-2-3-1): 1-Hugo Lloris, 2-Benjamin Pavard, 4- Raphael Varane, 5-Samuel Umtiti, 21-Lucas Hernandez; 6-Paul Pogba, 13-N’Golo Kante, 10-Kylian Mbappe, 7-Antoine Griezmann, 14-Blaise Matuidi (12 Corentin Tolisso 88); 9-Olivier Giroud (15-Steven N’Zonzi 85)

Pelatih: Didier Deschamps

Belgia (3-4-2-1): 1-Thibaut Courtois; 5-Jan Vertonghen, 4-Vincent Kompany, 2-Toby Alderweireld; 19-Moussa Dembele (14-Dries Mertens 60), 22-Nacer Chadli (21-Michy Batshuayi 91), 6-Axel Witsel, 8-Marouane Fellaini (11-Yannick Carrasco 80); 7-Kevin De Bruyne, 10-Eden Hazard; 9-Romelu Lukaku

Pelatih: Roberto Martinez (Spanyol)