Netizen Ini Berikan Penjelasan Logis Anjuran Bisnis Kalajengking Jokowi Konyol

Anjuran Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berbisnis racun kalajengking sangat tidak logis dan konyol.

“Ada yang bisa hitung untuk dapatkan 1liter racun (bisa) kalajengking, anda harus memerah kalajengking berapa ekor…? Saya kasih clue; satu kalajengking rata-rata hanya bisa mengeluarkan hingga 0,5 miligram racun,” kata Erison di akun Facebook.

Kata Erison, penjelasan Jokowi untuk bisnis racun kalajengking sangat tidak masuk akal.

“Baru kali ini saya melihat seorang presiden memberikan informasi bisnis yang biasa dibicarakan diwarung-warung kopi. Yaitu bisnis racun (bisa) Kalajengking. Mungkin besok mulai bisnis tokek, barang antik, benda pusaka, anti cukur, patung, giok, samurai, dan yang lainnya,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya Jokowi melontarkan tips cepat kaya dengan memelihara kalajengking. Hal itu disampaikan Jokowi di acara Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrembangnas) dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (30/4).

Dalam pidatonya Jokowi memaparkan tentang komoditas yang paling mahal di dunia bukan emas, melainkan bisa kalajengking. Kata dia, bisa kalajengking ini berharga 10, 5 juta dolar AS per liter atau jika dirupiahkan mencapai Rp 145 miliar per liter.

Atas alasan itu dia meminta para kepala daerah untuk mengumpulkan racun kalajengking jika ingin kaya, ketimbang harus mengkorupsi uang rakyat.

“Pak gubernur, pak bupati, pak walikota kalau mau kaya cari racun kalajengking,” ucap Jokowi.