Alhamdulillah, Jokowi Ajari Rakyat Bisnis Racun Kalajengking

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Pernyataan Presiden Joko Widodo soal kalajengking sebagai komoditas dengan harga termahal diapresiasi. Memaksimalkan masyarakat agar memelihara kalajengking bisa menekan angka kemiskinan nasional.

“Kita apresiasi, ini bisa menjadi usaha bagi masyarakat demi mengurangi angka pengangguran dan mengentaskan kemiskinan,” kata peneliti Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Salamuddin Daeng, Rabu (2/5).

Diakui Salamuddin, racun kalajengking merupakan komoditi termahal di dunia jika dibandingkan dengan emas. Salamuddin mengakui ajakan Jokowi untuk berbisnis racun kalajengking biar cepat kaya merupakan ajakan cemerlang.

Apalagi iklim Indonesia yang tropis sangat cocok untuk budidaya kalajengking.

“Ini isyarat untuk memulai bisnis racun kalanjengking yang disampaikan Presiden Jokowi merupakan lompatan besar yang tidak pernah terpikirkan oleh siapun,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya Jokowi melontarkan tips cepat kaya dengan memelihara kalajengking. Hal itu disampaikan Jokowi di acara Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrembangnas) dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (30/4).

Dalam pidatonya Jokowi memaparkan tentang komoditas yang paling mahal di dunia bukan emas, melainkan bisa kalajengking. Kata dia, bisa kalajengking ini berharga 10, 5 juta dolar AS per liter atau jika dirupiahkan mencapai Rp 145 miliar per liter.