Rini Soemarno Tetap Dipertahankan, Sumber Dana di Pemilu dan Pilpres 2019

Rini Soemarno dan Jokowi (IST)

Rini Soemarno akan tetap dipertahankan sebagai Menteri BUMN karena menjadi sumber dana untuk Pemilu dan Pilpres 2019.

Demikian dikatakan aktivis politik Rahman Simatupang kepada suaranasional, Rabu (2/5). “Rini Soemarno orang kuat dan dekat dengan Megawati,” jelas Rahman.

Menurut Rahman, politisi PDIP tidak bisa menggoyang Rini Soemarno. “Walaupun Masinton sudah bersuara, tapi tidak ada artinya,” ungkap Rahman.

Kata Rahman, rekaman Rini Soemarno dan Dirut PLN Sofyan Basir mengindikasikan ada mafia di lingkungan BUMN. “Walaupun tidak diusut, rakyat akan mencatat sejarah buruk BUMN dipimpin Rini Soemarno. Sekarang ini penegakan hukum kalah dengan kekusaan,” papar Rahman.

Rahman mengatakan, BUMN masih menjadi sapi perah para politisi dan pemegang kekuasaan. “Komisaris diisi tim sukses. BUMN makin hancur dan kalah bersaing dengan perusahaan swasta ataupun asing,” pungkasnya.

Sebelumnya, percakapan Rini dengan Sofyan Basir menjadi viral. Rekaman percakapan yang viral di media sosial itu sudah dibenarkan oleh Rini dan Sofyan. Namun keduanya kompak mengatakan rekaman itu tidak utuh.

Menurut Sofyan, pembicaraan itu dilakukan pada akhir 2016. Sofyan mengaku saat itu tengah berkonsultasi dengan Rini terkait investasi PLN dan Pertamina dengan perusahaan swasta di bidang penyediaan energi.