KH Said Aqil PBNU Tegaskan Dukung Pembubaran Ormas

Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj (IST)
Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj (IST)

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mendukung pemerintah membubarkan ormas yang bertentangan dengan ideologi bangsa Indonesia.

“Ormasnya (dibubarkan) bukan orangnya,” ujar Kiai Said di Kantor PBNU, Kamis (1/6).

Itu disampaikan Kiai Said dalam acara silaturahim dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto. Menurut Kiai Said, orang yang tidak sesuai dengan dasar negara perlu dibina.

Dia juga menyinggug isu toleransi yang akhir-akhir ini mencuat di permukaan. Menurut Kiai Said toleransi harus dijalankan berdasarkan akhlakul karimah.

Dalam kesempatan sama, Menkopolhukam Wiranto menyayangkan adanya kelompok yang mempunyai pemikiran tidak sesuai dengan dasar negara. Padahal, ini sudah dibangun bertahun-tahun oleh pendiri bangsa.

“Pengorbanan luar biasa dengan air mata, kehormatan, waktu, tenaga, pikiran bertahun-tahun sehngga melahirkan satu negara namanya NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, UUD ’45, dan Pancasila,” kata Wiranto.

Sebab itu, Wiranto menegaskan pemerintah akan menindak tegas ormas yang secara jelas tidak sepaham dengan dasar negara. Pemerintah, kata Wiranto, mempunyai tugas memperkuat keutuhan negara dan bangsa. (ROL)