Rangkaian Kegiatan Raja Salman dan Jokowi di Istana Bogor

Presiden Jokowi dan Raja Salman
Foto Editiawarman Setpres for Liputan6.com

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyambut langsung Raja Salman. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud akan disambut di Istana Bogor saat hari pertama di Indonesia, Rabu 1 Februari besok.

“Beliau (Jokowi) menyambut di tangga pesawat,” ucap Djumala di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/02/2017).

Setelah acara penyambutan, Jokowi pun akan mengantar Raja Salman ke mobil kerajaan yang telah disiapkan. Setelah itu, mantan Wali Kota Solo itu menuju mobil kepresidenan untuk langsung menuju Istana Bogor untuk persiapan penyambutan Raja Salman.

“Sekitar 10-15 menit nunggu rajanya. Karena penumpang lain kan ditunggu tuh. Jadi Pak Jokowi berangkat, sebagai tuan rumah menunggu di Istana Bogor,” lanjut Djumala.

Baca juga:  Memalukan, Kalangan Profesional Arab Posting di Facebook Berita Jokowi Kecewa ke Raja Salman

Dari 1.500 orang delegasi, plus 10 menteri dan 25 pangeran yang ikut dalam rombongan, tidak semuanya ikut dalam upacara penyambutan. Hanya 35 anggota delegasi dan 50 perangkat saja yang ikut bersama Raja Salman menuju Bogor.

“Disambut barisan anak-anak sekolah dengan barisan bendera di sepanjang jalan,” imbuh Djumala.

Dari informasi yang kami dapatkan, anak-anak dari berbagai sekolah di Bogor ini akan berbaris mulai dari Tugu Kujang hingga ke Istana Bogor. Mereka berdiri sambil mengibarkan bendera Merah Putih dan bendera Arab Saudi berukuran kecil di sisi kanan kiri jalan menuju Istana.

Baca juga:  Ingin┬áSelamatkan PPP, ┬áHaji Lulung Pasang Spanduk di Lokasi Pemenangan Anies-Sandi

“Standar dari kunjungan kenegaraan. Ada penyambutan kebesaran, ada iringan kuda, ada drum band, ada pasukan tradisonal, ada dentuman meriam. Kemudian ada pemeriksaan pasukan,” beber dia.

Selama di Istana Bogor, beberapa kegiatan dilakukan Raja Salman beserta rombongan. Salah satunya penanaman pohon bersama di halaman belakang sayap kiri Istana Bogor.

“Pohonnya lagi kita pilih, macam-macam itu. Nanti akan macam-macam jenisnya, saya enggak hafal jenisnya,” pungkas Djumala.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *