Hampir Kalah dengan 10 Pemain, Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam Melalui Penalti

Timnas Indonesia AFF Cup 2016
Timnas Indonesia AFF Cup 2016 – FB

Tim Garuda lolos ke final Suzuki AFF Cup 2016 setelah mengatasi Vietnam dengan unggul agregat 4-3.

Vietnam bermain dengan 10 orang setelah kiper mereka terkena kartu merah.

Dalam pertandingan leg kedua semifinal di My Dinh National Stadium, Rabu (7/12/2016) malam WIB, Indonesia yamh selalu ditekan timnas Vietnam, tetapi timnas Indonesia berhasil memimpin lebih dulu lewat gol Stefano Lilipaly pada menit ke-54.

Gol Lilipaly dilakukan dengan kerjasama satu-dua bersama Boaz Solossa yang kemudian mengirim umpan silang untuk melahirkan kemelut di depan gawang Vietnam. Kekeliruan antisipasi kiper dan bek Vietnam membuat bola meluncur ke gawang dan Lilipaly hanya tinggal menyodoknya.

Setelah itu Vietnam harus bermain dengan 10 pemain di menit ke-77 setelah kiper Manh Tran Nguyen dapat kartu merah langsung akibat menendang Bayu Pradana. Akibat sudah melakukan tiga pergantian, bek Que Ngoc Hai pun harus jadi kiper dadakan. 

Sungguh memalukan pada saat mendapat kelebihan pemain justru Keunggulan dimaksimalkan Vietnam. Pada menit ke-84 Vietnam menyamakan skor lewat gol dari Vu Van Thanh yang meneruskan bola tendangan bebas rekannya.

Gol pada menit-menit akhir injury time, Vietnam membuat gol lagi. Vu Minh Tuan mencetak gol guna mengubah skor jadi 2-1 buat keunggulan tuan rumah. Skor agregat pun menjadi 3-3.

Hal itu membuat pertandingan dilanjutkan ke extra time. Manahati Lestusen akhirnya memastikan kemenangan Indonesia di menit ke-97 lewat sepakan dari titik putih. 

Penalti diberikan wasit setelah Ferdinan Sinaga dilanggar di kotak terlarang.

Alhasil dengan hasil tersebut Indonesia maju ke final untuk menanti pemenang pertandingan semifinal lainnya antara Thailand lawan Myanmar. Thailand, yang dihadapi Indonesia di fase grup, untuk sementara unggul agregat berkat kemenangan 2-0 di markas Myanmar.