Prediksi Indonesia vs Vietnam

Indonesia vs Vietnam (IST)
Indonesia vs Vietnam (IST)

Timnas Indonesia kembali berjuang mewujudkan asa mengangkat Piala AFF untuk kali pertama. Namun, Timnas Vietnam siap menguji Boaz Solossa dkk pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12).

Berpijak pada statistik kedua tim pada gelaran AFF tahun ini, harus diakui Vietnam lebih unggul. The Golden Stars, julukan Timnas Vietnam, menoreh hasil sempurna pada penyisihan Grup B di Myanmar dengan tiga kemenangan. Mereka menekuk tuan rumah Myanmar 2-1, menang 1-0 atas Malaysia dan 2-1 menghadapi Kamboja.

Sedangkan tim Garuda–julukan untuk Indonesia dipaksa bersusah payah melaju ke empat besar dengan status runner-up Grup A yang bersaing di Filipina. Tim besutan Alfred Riedl ini harus menunggu hingga laga terakhir kontra Singapura yang berakhir dengan kemenangan 2-1.

Pun, hasil dua uji coba sebelum Piala AFF 2016 resmi bergulir pada 19 November lalu berpihak kepada Le Cong Vinh dkk. Mereka menahan Merah Putih 2-2 di Slemen, DI Yogyakarta, serta menang 3-2 saat Boaz dkk melawat ke Hanoi.

Meski demikian, Boaz dkk pantang pesimistis. Puluhan ribu suporter fanatik Merah Putih siap memadati Stadion Pakansari. Besarnya animo masyarakat Indonesia sudah terlihat sejak diumumkannya penjualan tiket online pada Rabu (30/12). Bahkan, Jumat (2/12) kemarin, sejak pagi suporter Indonesia yang tidak membeli secara online rela mengantre di kawasan Senayan, Jakarta, guna mendapatkan 10 ribu tiket yang dijual langsung melalui delapan loket.

Riedl, sang Pelatih Timnas Indonesia, tidak menutup mata terhadap dukungan besar suporter tersebut. ‘’Saya berharap dukungan itu terus mengalir untuk kami sampai besok (hari ini). Dukungan suporter tentu menambah motivasi kami untuk menang,” kata Riedl saat jumpa pers pralaga di Bogor kemarin.

Baca juga:  Bermain Cenderung Bertahan di Final AFF, Indonesia Kalah 2-0, Thailand Juara

Ia menyadari pula publik bola di Indonesia butuh pesta kemenangan dari laga perdana semifinal Piala AFF malam nanti. Bagi Riedl pun kemenangan juga penting sebagai acuan vital melakoni leg kedua di Hanoi pada Rabu (7/12). Jalan teraman adalah Timnas Indonesia menang besar malan nanti agar beban menuju Vietnam menjadi lebih ringan.

Namun, ia menyadari Vietnam bukan lawan ringan. Riedl pun enggan sesumbar. Terpenting, tutur pelatih 67 tahun berpaspor Austria ini, Boaz dkk mampu memenangkan pertandingan tanpa kebobolan. Kebobolan satu gol saja dinilai Riedl bakal menyulitkan langkah di leg kedua.

‘’Main di kandang pasti kami mengincar kemenangan. Berapa pun skornya, yang penting jangan sampai kebobolan,” ucap Riedl, yang juga pernah menukangi Timnas Vietnam di Piala AFF 2000 (ketika masih bernama Piala Tiger).

Menghadapi laga malam nanti, pelatih yang membawa Indonesia sebagai runner-up Piala AFF enam tahun lalu itu mengatakan tidak banyak mengubah komposisi pemain. Yang bisa dipastikan, dua bek tengah bakal diisi pemain baru. Ia juga merahasiakan nama penjaga gawang yang siap menghiasi starting lineup. ‘’Kami tidak akan beri tahu. Saya yang akan memilih dan mengatakan langsung secara tatap muka.”

Vietnam, demikian Riedl, merupakan salah satu tim besar di kawasan Asia Tenggara. Sekali menjuarai Piala AFF 2008 dan bermain konsisten hingga kini. ‘’Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan mereka luar biasa dan tetap konsisten. Penampilan kapten mereka (Le Cong Vinh) masih sama seperti dulu meski usianya sudah 30 tahun,” ucap Riedl.

Dalam konferensi pers yang sama, Pelatih Vietnam Nguyen Huu Thang tidak memungkiri pertandingan melawan Indonesia selalu menarik. Seperti Vietnam, Indonesia juga dinilai sebagai tim dengan semangat juang tinggi. ‘’Kita telah membuktikkan punya mentalitas dan semangat tinggi. Itulah yang membuat kami bisa ada di sini,” ucap Thang diplomatis.

Baca juga:  Kemenangan Mayweather Jr atas Manny Pacquaio Terungkap

Ia mengatakan telah menyiapkan strategi meredam permainan Indonesia yang diperkuat beberapa pemain yang menuntut perhatian khusus seperti Boaz, Andik Vermansyah, dan Stefano Lilipaly. ‘’Performa Indonesia terus meningkat di tiap pertandingan. Mereka semakin berbahaya,” ujar Thang.

Pengamat sepak bola Tommy Welly menilai Indonesia berpeluang besar mengalahkan Vietnam pada laga malam nanti kendati dengan skor tipis. Namun, Tommy meminta Riedl memperbaiki kesalahan pada dua laga uji kontra Vietnam sebelum Piala AFF bergulir.

‘’Sebenarnya Riedl punya keuntungan karena dia pernah melatih Vietnam walaupun sekarang pemainnya berbeda. Tapi, setidaknya secara karakteristik permainan, Riedl sudah paham. Itu yang harus ia manfaatkan,” tutur Tommy.

 

PRAKIRAAN PEMAIN

INDONESIA (4-4-2): Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, Hansamu Yama, Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu; Evan Dimas, Stefano Lilipaly, Andik Vermansyah, Rizky Pora; Ferdinand Sinaga, Boaz Solossa
Pelatih: Alfred Riedl

 

VIETNAM (4-4-2): Tran Nguyen Manh; Au Van Hoan, Dinh Tien Thanh, Que Ngoc Hai, Vu Van Thanh; Nguyen Van Toan, Le Van Thang, Nguyen Tron Hoang, Pham Than Luong; Nguyen Cong Puong, Le Cong Vinh
Pelatih: Nguyen Huu Thang

 

Venue: Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Kickoff: Sabtu (3/12), Pukul 19.00 WIB

 

——————

 

HEAD-TO-HEAD
8 Nov 2016: Vietnam 3-2 Indonesia
9 Okt 2016: Indonesia 2-2 Vietnam
22 Nov 2014: Vietnam 2-2 Indonesia
16 Okt 2012: Vietnam 0-0 Indonesia
15 Sep 2012: Indonesia 0-0 Vietnam