Timnas Indonesia Gilas Malaysia 3-0, Tim Garuda Bangkit

Indonesia VS Malaysia - DOK. PSSI
Indonesia VS Malaysia – DOK. PSSI

Solo – Timnas Indonesia dengan kemenangan meyakinkan. Tim ‘Garuda’ menang telak 3-0 melawan Malaysia dalam laga ujicoba.

Menjalani pertandingan pertamanya usai lepas dari hukuman FIFA, menghadapi Malaysia di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016) malam WIB. Gol cepat dicetak oleh Boaz Solossa pada menit ke-6 yang memberikan hasil bagus untuk tim asuhan Alfred Riedl.

Tampil dominan, Indonesia pun semakin menguasai ketika di menit ke-11 Irfan Bachdim berhasil menambah pundi-pundi Gol. Malaysia yang mencoba menguasai permainan, berkat kerjasama tim yang apik Indonesia selalu berhasil mematahkan serangan-serangan yang dibangun.

Situasi semakin nyaman untuk Indonesia, ketika Boaz mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-22. Pertandingan pun berada dalam genggaman tim ‘Merah-Putih’.

Berulangkali usaha Malaysia menekan bisa dipatahkan. Sampai pertandingan berakhir, tak ada lagi gol tercipta.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan yang berjalan keras ini pada awal setelah pluit berbunyi. Permainan Indonesia yang menekan langsung selalu dihentikan Malaysia lewat tekel-tekel.

Baddrol Bakhtiar yang pertama melepaskan percobaan lewat sepakan jarak jauh. Namun kulit bundar masih melenceng dari gawang Indonesia.

Lalu, Upaya balasan pemain Indonesia langsung berbuah gol pada menit ke-6. Boaz Solossa berhasil memanfaatkan kelengahan bek Malaysia dan mencuri bola, dengan skil yang mumpuni Boaz bisa menaklukkan Khairul Fahmi dengan sepakan keras ke pojok kanan gawang.

Baca juga:  Tampil Buruk, U-23 dibantai Thailand 0-5

Serang Indonesia kembali digandakan pada menit ke-11. Kembali memanfaatkan lengahnya pertahanan Malaysia, Boaz yang mendapatkan bola hasil salah umpan segera menyodorkannya ke Irfan Bachdim. Bachdim dengan dingin melesakkan bola ke pojok kiri gawang.

Di menit ke-16 Indonesia mendapatkan ancaman besar dari bola mati. Eksekusi tendangan bebas Amri Yahya dari depan kotak penalti cuma melesat tipis saja ke gawang Andritany Ardhiyasa.

Indonesia berhasil menambah gol di menit ke-22. Bola sepakan Zulham Zamrun dari luar kotak penalti mengenai kaki Irfan dan memantul, lalu bergulir ke arah Boaz. Boaz langsung menyambutnya dengan sepakan keras dan masuk ke dalam gawang Malaysia.

Tertinggal, Malaysia coba menekan dengan menguasai permainan. Upaya jarak jauh dari Azrif Nasrulhaq masih melambung.

Dari sepakan jarak jauh kembali Malaysia mencoba memberikan ancaman ke Indonesia pada menit ke-40. Tapi belum menemui sasaran.

Indonesia terus berhasil menjaga Malaysia mendekati kotak penalti dan menyetop serangan mereka. Babak pertama tuntas dengan keunggulan tim Garuda 3-0.

Tiga menit babak kedua berjalan, Irfan melakukan tusukan dari sisi kiri. Dia melewati dua bek Malaysia, lantas melepaskan sontekan yang masih menghantam tiang gawang.

Baca juga:  Kandaskan Singapura, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal Piala AFF 2016

Sebuah kesalahan dari Fachrudin nyaris berbuah fatal untuk Indonesia. Amri Yahya mendapatkan ruang bebas di sisi kanan, tapi sepakannya melebar.

Indonesia mendapatkan kesempatan dari bola mati pada menit ke-56, setelah Lerby Eliandri diganjal tak jauh dari kotak penalti. Irfan maju sebagai eksekutor, tapi tendangannya bisa diantisipasi Fahmi.

Malaysia terus mencoba membangun serangan, tapi kesulitan menembus pertahanan rapat Indonesia. Bek Indonesia, Fachrudin, tampil menonjol dengan melakukan sejumlah sapuan dan intersep.

Sampai akhir laga, tak ada lagi gol tercipta. Indonesia menang 3-0 atas Malaysia.

Susunan Pemain:

Indonesia:
– Andritany,
– Abdul Rachman (Abduh Lestaluhu 64′),
– Benny Wahyudi (Indra 84′),
– Fachrudin,
– Yanto Basna (Dedi 73′),
– Andik,
– Bayu Pradana,
– Evan Dimas,
– Zulham (Irsyad 46′),
– Boaz (Lerby 46′),
– Irfan (Ichsan 70′).

Malaysia:
– Khairul Fahmi,
– Thomas Davies,
– Brendan Seng (Veenod 16′),
– Fadhli (Shad 59′),
– Ronny Harun,
– Irfan Fazail,
– Baddrol,
– Amri Yahyah (Fakhrul Aiman 78′),
– Zack Haikal (Fakri 87′),
– Azrif,
– Safawi Rasid (Zaquan 59′)