Copot Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Bukti Rezim Jokowi Suka Menyalahkan

Jokowi berada di kapal ternak (IST)
Jokowi berada di kapal ternak (IST)

Pencopotan  Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Kementerian Pertanian (Kementan), Muladno menandakan Rezim Joko Widodo (Jokowi) suka menyalahkan.

“Harusnya Mentan bahkan Jokowi yang mengundurkan diri. Hanya era Jokowi pejabat tertinggi tidak bertanggungjawab dan suka menyalahkan pihak lain,” kata pengamat politik Muhammad Huda kepada suaranasional, Sabtu (16/7).

Menurut Huda, pernyataan Jokowi tidak terbukti jungkir balikkan harga daging jelang lebaran bukan kesalahan Pencopotan  Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Kementerian Pertanian (Kementan), Muladno. “Harusnya yang salah itu Jokowi. Kalau di luar negeri pejabat tertinggi yang mundur karena mengobral janji,” papar Huda.

Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, mencopot Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Kementerian Pertanian (Kementan), Muladno.

Amran beralasan, pencopotan pejabat eselon I yang menangani masalah produksi di sektor peternakan menyangkut evaluasi menyeluruh di kementerian yang dipimpinnya.

“Evaluasi itu berlaku pada seluruh lapisan. Anda juga kan dievaluasi sama atasannya? Kalau mau maju suatu sistem, itu evaluasinya harus,” kata Amran ditemui di sela-sela kunjungan kerjanya di Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (15/7).

Muladno sendiri merupakan pejabat yang berasal dari hasil lelang jabatan di lingkungan Eselon I Kementan. Sebelumnya, pria asal Kediri ini merupakan dosen di Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB).