by

Kampung Pulo Masih Banjir, Normalisasi Gagal

Kompas.com/Robertus Belarminus
Kompas.com/Robertus Belarminus

Naiknya permukaan air di Bendung Katulampa, Bogor, akibat hujan deras, Minggu (15/11/2015) malam membuat sungai Ciliwung kembali merendam permukiman warga di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (16/11/2015).

Bahkan, tinggi muka air di Bendungan Katulampa sempat mencapai 210 sentimeter atau berstatus Siaga. Akibat luapan tersebut, warga terpaksa mengungsi.

Berdasarkan pantauan yang kami kutip dari kompas.com, Senin pagi, banjir terlihat merendam permukiman warga, terutama yang berdekatan dengan lokasi proyek normalisasi Ciliwung.

Bahkan perumahan yang berdekatan dengan lokasi proyek normalisasi, misalnya di RW 03, yakni RT 03 dan RT 04, mengalami dampak yang paling parah. Sebab, air dari Sungai Ciliwung melewati tanggul yang belum rampung dan menenggelamkan rumah warga.

salah satu warga RT 03 RW 03 Kampung Pulo, Awi (50) mengatakan, dirinya sudah mulai mengungsi dari rumah sejak Minggu sore saat permukaan air di Ciliwung diinformasikan meningkat.

“Sudah dari kemarin sore. Saya langsung ngungsi saja ke Rusun Jatinegara Barat,” ucap Awi saat menengok rumahnya yang masih kebanjiran di Kampung Pulo, Jakarta Timur, Senin pagi.

Awi mengatakan, puncak banjir di Kampung Pulo terjadi pada Senin dini hari tadi. Ia memperkirakan, rumahnya terendam air hingga setinggi 2,5 meter.

“Pintu depan lewat (tenggelam), tetapi sekarang sudah mulai surut,” ujar Awi.

Budi Setiawan, Camat Jatinegara mengatakan secara keseluruhan, daerah Kampung Melayu sampai pukul 06.00 pagi tadi rata-rata terendam air dengan ketinggian 50-150 sentimeter. Sejumlah tempat tinggal di RT dari RW 01 sampai RW 08 ikut terendam.

“Warga ada yang mengungsi ke sudin kesehatan dan di Masjid Attawabin,” pungkas Budi.

Malam ini, Senin (16/11/2015) hujan masih terus mengguyur Jakarta, kemungkinan kampung pulo akan terendam kembali, untuk itu warga kampung pulo berharap pemda DKI untuk segera mencari solusinya.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed