by

Puan Maharani Tunjukkan Sikap Benci ke Rizal Ramli, Ada Apa?

Rizal Ramli dan Puan Maharani (IST)
Rizal Ramli dan Puan Maharani (IST)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menunjukkan sikap benci kepada Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli.

“Kalau saya baca di media, Puan yang tidak mau menoleh ke Rizal Ramli saat rapat di DPR bersama beberapa menteri menunjukkan putri Megawati itu benci kepada Rizal Ramli. Sikap itu seperti yang ditujukan Megawati,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada suaranasional, Kamis (15/10).

Menurut Muslim, sikap Rizal yang selalu berseberangan dengan kebijakan pemerintah membuat Puan tidak suka. “Puan menganggap Rizal itu justru menganggu kinerja Jokowi dengan berbagai pernyataannya. Sikap yang ditujukan Puan ini menunjukkan PDIP mendukung Jokowi. Kalau pun ada kritikan tidak sampai meminta mundur Jokowi,” jelas Muslim.

Kata Muslim, Rizal yang sudah berpengalaman di birokrasi tidak akan menanggapi secara serius gaya Puan seperti itu. “Saya kira Rizal Ramli tidak akan serius menanggapi gaya Puan. Selama ini Puan masih menganggap anak seorang ratu yang harus dihormati. Puan masih bergaya feodal,” jelas Muslim.

Muslim mengungkapkan, bisa jadi Rizal Ramli akan direshuffle dalam reshuffle selanjutnya. “Kalau Rizal direshuffle, justru akan mendapat simpati dari rakyat, perlawanan ke Jokowi makin kuat karena mendapat dukungan dari Rizal Ramli. Rizal sudah berusaha melakukan perbaikan di dalam tetapi terhalang tembok kekuasaan yang besar,” pungkas Muslim.

Sebelumnya, dalam laporan Kompas.com, dalam rapat di DPR, meski duduk bersebelahan, Puan Maharani sama sekali tak menoleh ke arah Rizal Ramli yang berada di samping kanannya. Itu terlihat saat Luhut mendapatkan kesempatan pertama untuk berbicara.

Sambil menunggu giliran untuk berbicara, Puan beberapa kali menoleh ke kiri, ke arah Darmin Nasution. Mereka berbincang dengan serius. Sementara itu, Rizal yang duduk di sisi kanan Puan sama sekali tak diajak mengobrol oleh putri Megawati itu.

Baca juga:  Menko Maritim Tuding TEMPO Manipulatif, Ada Apa?

Sikap kritis Rizal itu tidak pernah diingkarinya. Setelah dilantik menjadi Menko Maritim dan Sumber Daya, Rizal berjanji akan tetap kritis meski telah bergabung dalam pemerintahan.

“Kamu kan tahu saya bagaimana,” kata Rizal Ramli kepada wartawan yang bertanya apakah akan tetap kritis seperti saat di luar pemerintahan, sesaat setelah dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta sebagaimana dikutip dari Harian Nasional.

loading...

Loading...

News Feed