Gayus Keliaran Di Luar, Ada Dugaan Peran Istana, Ada Kepentingan Apa?

Seorang wartawan memerlihatkan foto terpidana pajak Gayus Halomoan Tambunan yang beredar di media sosial, Bandung, Jawa Barat, Senin (21/9).Keberadaan tahanan Gayus Tambunan yang berada di sebuah restoran menjadi pukulan telak bagi Menkumham Yasonna Loaly.

“Sampai seorang tahanan bisa bebas berkeliaran dan berada di restoran, itu pukulan telak bagi Menteri Yasonna Laoly,” kata pengamat politik Muhammad Huda dalam pernyataan kepada suaranasional, Senin (21/9).

Kata Huda, harusnya Gayus tidak bisa bebas menemui orang-orang di restoran. “Ini ada yang terkena suap di lapas dan harus diusut,” jelas Huda.

Kata Huda, keberadaan Gayus yang bisa berada di luar menandakan adanya kebobrokan di lapas. “Lapas harus direformasi total, banyak mafia di sana,” jelas Huda.

Huda memperkirakan, keberanian Gayus ini ada orang sekitar Jokowi yang melindunginya. “Tidak mungkin Gayus berani kalau tidak ada orang Istana. Ada kepentingan besar Istana yang akan memanfaatkan Gayus untuk kepentingan politik, terlebih lagi pemerintah sedang mendapat tekanan dari rakyat,” papar Huda.

Baca juga:  GIM Adakan Pelatihan Menulis di Ponpes Mansyuriah Lombok Tengah

Sebagaimana dikutip dari Harian Nasional, foto mirip Gayus muncul di media sosial tengah berada di sebuah restoran bersama dua perempuan muda. Gayus mengenakan kaos biru, celana jeans, topi biru, serta jam tangan. Foto itu diunggah di akun Facebook oleh pria bernama Baskoro Endrawan.

Pakar telematika Roy Suryo menyatakan, foto Gayus yang beredar di media sosial bersama dua perempuan tersebut, asli. Bahkan, dia tak segan membongkar kebenaran foto itu, jika ada sejumlah pihak yang membantah. “Saya kira tidak perlu diperdebatkan lagi karena foto itu asli. Saya siap teriak, jika ada yang menyebut foto itu rekayasa,” ujarnya.

Baca juga:  Pembina¬†Jawara Betawi Pembela Ulama Ditahan & Iwan Bopeng Berkeliaran, Tidak Ada Keadilan