by

Agar tak Diperiksa Kasus BLBI, Megawati Ingin Bubarkan KPK

Republika/Tahta Aidilla
Republika/Tahta Aidilla

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang meminta membubarkan KPK menandakan takut diperiksa kasus BLBI.

Demikian dikatakan pengamat politik Muslim Arbi dalam keterangan kepada suaranasional, Selasa (18/8).

Menurut Muslim, pernyataan Megawati itu akan ditindaklanjuti petugas partai yang notabene Presiden Jokowi.

“Jokowi akan menuruti sabda dari Megawati. Fraksi PDIP pun akan menggalang pembubaran KPK,” ungkap Muslim.

Kata Muslim, kriminalisasi KPK terhadap mantan pimpinan KPK Abraham Samad ada indikasi dimainkan PDIP. “Kalau melihat arahnya ada titik temu pembubaran KPK sampai kriminalisasi oleh PDIP. Ini yang harus diwaspadai,” ujar Muslim.

Muslim mengatakan, biasanya para pendukung PDIP selalu berdalih, PDIP tidak akan membubarkan KPK karena didirikan di era Megawati. “Tetapi dengan pernyataan dan berbagai indikasi yang ada selama ini, pembubaran KPK bisa terjadi di era Jokowi,” pungkas Muslim.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghendaki Komisi Pemberantasan Korupsi agar segera dibubarkan. Presiden RI kelima itu menilai KPK sudah melewati kewenangannya sebagai lembaga ad hoc.
 
Megawati menyatakan KPK dibentuk di masa pemerintahannya sebagai lembaga yang bersifat sementara. Kini setelah lebih dari satu dekade, kata Mega, KPK sudah waktunya untuk mengakhiri peran di Indonesia.

“Komisi yang sifatnya ad hoc ini harus diselesaikan, harus dibubarkan,” ujar Mega di sela Seminar Nasional Kebangsaan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (18/8).

loading...

Loading...
Baca juga:  Bela Inpres BLBI, Jokowi Takut kepada Megawati

News Feed