by

Hasil Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan 1436 H, Hasilnya sehabis Magrib

Ilustrasi - Foto: Antara
Ilustrasi – Foto: Antara

Saat ini Kementerian Agama menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal Ramadan sore ini pukul 16.00 WIB.

“Hari ini kita sidang isbat, kita undang ulama dan pimpinan ormas Islam dan pakar astronomi untuk musyawarah,” ucap Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Senin (15/06/2015).

Menteri Agama mengatakan, pihaknya akan mengerahkan para ahli di semua provinsi di Indonesia untuk melihat hilal atau kemunculan bulan tanda pergantian bulan, yakni dari bulan Sya’ban ke bulan Ramadan.

Para ahli disebar di beberapa titik di seluruh provinsi dan telah disumpah. Menjelang Magrib, laporan mereka ditunggu, apakah melihat kemunculan hilal atau bulan sabit muda pertama untuk menentukan awal Ramadan.

Baca juga:  Pesantren Roudlatul Quran Tlogoanyar Lamongan Peringati Haul KH Aminuddin Ridlo ke-26

“Dari 30 lebih yang kita sebar di beberapa titik itu satu saja yang melihat, besoknya kita tentukan 1 Ramadan. Namun kalau belum ada yang melihat penampakan hilal, maka bulan Sya’ban kita genapkan menjadi 30 hari dan awal Ramadan kita tetapkan lusanya,” jelas Lukman.

Seperti kita ketahui Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah melakukan hisab penentuan awal Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah. Hasilnya, Muhammadiyah memutuskan awal puasa 1 Ramadan pada Kamis 18 Juni 2015 dan Idul Fitri  1 Syawal atau Hari Raya Lebaran pada Jumat 17 Juli 2015.

Baca juga:  OJK Jatim Gandeng PC GP Ansor Lamongan dan Ansoruna untuk Bijak Mengelola Keuangan

Semoga tahun ini tidak ada perbedaan antara keputusan pemerintah dan Muhamadiyah agar bisa Idul Fitri Serentak.

Berikut Jadwal Puasa 1435 H yang awal Ramadhan dimulai tanggal 18 Juni 2015

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1436 H
Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1436 H
loading...

Loading...

News Feed