Menag Yaqut Mangkir Lagi di Pansus Haji DPR

Menteri Agama (menag) Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut disebut kembali mangkir dari panggilan rapat bersama Panitia Khusus atau Pansus Angket Haji 2024 DPR RI. Kali ini ia tak hadir lantaran pergi ke luar negeri.

“Ya hari ini kita jadwalkan untuk kehadiran Menteri Agama, Pak Yakut, dan sudah kita layangkan surat panggilannya kemarin. Dan hari ini sudah dapat jawaban, mereka menyampaikan bahwa Menteri Agama ada perjalanan dinas,” kata Marwan, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (19/9/2024).

Namun, pihaknya telah kembali melayangkan surat panggilan kedua kepada Menag untuk hadir dalam persidangan Pansus Haji, untuk mengonfirmasi seluruh keterangan dari pejabat dan saksi.

“Kita masih menunggu ya, kehadiran beliau. Karena hari ini tidak hadir, besok kita panggil, sudah dilayangkan suratnya. Panggilan kedua. Kalau panggilan kedua tidak hadir. Maka indikasi tidak kooperatif itu sudah mulai kelihatan,” ungkapnya.
Karena berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, Marwan mengatakan, rapat dengan Menag seharusnya dilakukan antara tanggal 18, 19, hingga 20 September. Setelah itu, masuk dalam tahap kesimpulan.

“Kesimpulan. Kita setelah selesai nanti kita laporkan ke pimpinan DPR, sikap menteri yang tidak hadir ini seperti apa sikapnya, nanti pimpinan DPR yang akan mengambil langkah-langkah,” tuturnya.