Tokoh Muhammadiyah: Slogan Hubbul Wathan Minal Iman dari Misionaris Kristen di Dunia Arab

Slogan Hubbul Wathan Minal Iman atau cinta tanah air bagian dari iman berasal dari misionaris Kristen di dunia Arab bernama Butrus al-Bustani

“Butrus al-Bustani seorang misionaris Kristen yang sangat terkenal di dunia Arab, beliau memperkenalkan slogan Hubbul Wathan Minal Iman, cinta tanah air adalah bagian dari iman. Slogan ini bukan dari teks Al-Quran maupun Hadis Nabi Saw,” kata tokoh Muhammadiyah Prof Syafiq Mughni dalam acara Pengajian Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada Jumat (15/10) dikutip dari Muhammadiyah.or.id

Baca juga:  Dirutnya Jadi Tersangka Kasus BTS, Pengamat Hukum dan Politik: Kejagung Harus Periksa Suami Puan Maharani

Butrus al-Bustani dianggap sebagai tokoh nasionalis Suriah yang pertama. Berkat perannya, kawasan Suriah yang kala itu berada di bawah kekuasaan Kesultanan Turki Utsmaniyah, timbul kesadaran untuk melakukan gerakan an-Nahdlah (pembaharuan). Gerakan ini begitu menentang segala bentuk sektarianisme, hingga Butrus mencetuskan semboyan “cinta akan tanah air sebagian dari iman” ini.

Syafiq kemudian mengingatkan bahwa meskipun slogan Hubbul Wathan Minal Iman bukan berasal dari Rasulullah, umat Islam tidak perlu mencari-cari justifikasi untuk mengaitkan slogan tersebut dengan hadis-hadis Nabi Saw. Kesadaran akan ikatan kebangsaan merupakan sesuatu yang alamiah. Karena Islam memandang rasa cinta terhadap tanah air adalah tabiat semua manusia.

Baca juga:  Unggul di Pemilih Kalangan Berpendidikan, Pengamat: Peluang Anies Kalah Sangat Besar

“Tanpa harus mencari-cari justifikasi terhadap hadis-hadis Nabi, cinta tanah air adalah sesuatu yang natural karena kita butuh tempat untuk tinggal, kita butuh tetangga untuk bergaul, kita perlu sahabat sebangsa dan setanah air untuk melawan segala penjajahan dan kedzaliman,“ tegasnya.

Syafiq