Tak Ingin Hilang Kekuasaan, Kajian Politik Merah Putih: Dugaan Skenario Kekacauan Jelang Pilpres 2024

Ada dugaan skenario kekacauan menjelang Pemilihan Presiden (Presiden) 2014 sebagai upaya untuk melanggengkan kekuasaan. Ketika terjadi kekacauan, Presiden bisa mengeluarkan aturan menunda pemilu sampai waktu ditentukan.

“Dugaan kekacauan menjelang Pilpres 2024 sedang terjadi karena ada potensi kekuasaan tidak ingin kehilangan kendali kekuasaannya. Oligarki tidak tinggal diam dalam mengendalikan dan tetap harus memegang kendali kekuasaan di Indonesia,” kata Koordinator Kajian Politik Merah Putih Sutoyo Abadi kepada redaksi www.suaranasional.com, Senin (1/1/2024).

Baca juga:  Puan Tegaskan Gibran Dipertimbangkan Menjadi Cawapres

Dalam mempertahankan kekuasaan, kata Sutoyo, penguasa melakukan intimidasi dan diduga memanfaatkan jaringan biroktasi sampai ke tingkat desa. “Intimidasi dan politik uang sedang terjadi secara fulgar tanpa kendali apapun caranya salah satu Capresnya harus menang,” paparnya.

Kata Sutoyo, oligarki juga sudah mempersiapkan skenario jika terjadi kekacauan melanda Indonesia menjelang Pilpres 2024.

“Saat bersamaan terbaca ketika skenario kemenangan Capresnya dalam ancaman dan membayakan, kekuasaan dan oligarki erasa ada skenario baru akan berbelok arah,” ungkap Sutoyo.

Baca juga:  Izinkan Ekspor Pasir Laut, Muslim Arbi: Presiden Jokowi Merusak Lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *