Kaesang Masuk PSI, Strategi Jokowi Main Dua Kaki

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalankan strategi dua kaki atas keputusan Kaesang Pangarep bergabung di Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Kaesang bergabung di PSI merupakan strategi Jokowi main dua kaki,” kata pengamat politik Muhamamd Huda kepada redaksi www.suaranasional.com, Senin (25/9/2023).

Menurut Huda, Kaesang masuk PSI akan memberikan kekuatan suara kepada Prabowo. “Kaesang masuk PSI tidak lepas atas restu Jokowi,” paparnya.

Kaesang masuk PSI, kata Huda akan memberikan keuntungan buat Jokowi. “Mantan Wali Kota Solo itu memberikan dukungan kepada Prabowo di Pilpres 2024 melalui putra bungsunya,” ungkapnya.

PSI akan mengalami suara cukup signifikan setelah Kaesang bergabung. “Para pendukung Jokowi terutama generasi milenial dan z akan memilih PSI,” papar Huda.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangareb memilih jalannya sendiri dalam memasuki dunia politik. Dirinya menyatakan bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia.
Jejak yang ditempuh Kaesang ini berbeda dengan ayahnya Jokowi yang memantapkan hati bergabung Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) 2004 silam. Setahun setelahnya Jokowi maju sebagai Walikota Solo tahun 2005 bersama FX Hadi Rudyatmo.

Kaesang mengungkapkan alasan dirinya bergabung dengan partai tersebut karena memiliki kesamaan visi dan misi.

“Kami kebetulan punya kesamaan dan keinginan, kami ingin anak-anak muda bisa lebih terlibat di sektor publik,” kata Kaesang mengutip detikJateng, Sabtu (23/9/2023).

Menurutnya, Ia ingin anak muda menjadi objek yang aktif dalam pemilihan umum yang akan diselenggarakan tahun 2024 mendatang. Kaesang mengungkapkan, pemilu juga menyangkut masa depan anak muda Indonesia.

“Apalagi di Pemilu, anak muda dijadikan sebagai objek pasif, kita mau mereka jadi objek aktif. Mau gimanapun masa depan Indonesia itu untuk anak muda Indonesia,” tuturnya.

“Saya lihat PSI partai yang bagus, diisi oleh anak-anak muda yang berintegritas, punya kompetensi juga. Yang terpenting mereka punya semangat untuk mebuat Indonesia jauh lebih baik. Cuma sayangnya mereka nggak masuk Senayan,” ujarnya.