Dokter Tifa: Jokowi Berhasil Mendidik Anak-anaknya Jadi Pembohong Kelas Nasional

Pada awalnya anak-anak Presiden Joko Widodo (Jokow) menyatakan tidak tertarik ke politik dan menjadi pejabat publik namun diingkari dengan terjun ke politik praktis.

“Nilai 10 buat keberhasilan mendidik anak-anak jadi pembohong kelas nasional,” kata dokter Tifauzia Tyassuma (Dokter Tifa) di akun Twitter-nya @DokterTifa, Ahad (11/6/2023).

Dalam jejak digital, Gibran Rakabuming, putra sulung Presiden Jokowi mengaku tidak tertarik mengikuti jejak sang ayah untuk menjadi politikus. Ia mengaku hanya tertarik mengikuti jejak Jokowi menjadi pebisnis.

“Kalau jadi pebisnis, saya tertarik, tapi kalau politikus tidak,” katanya di Cikini, Jakarta Pusat, Ahad, 11 Maret 2018.

Namun dalam kenyataannya, Gibran mengakui sebelumnya dia enggan masuk ke dunia politik. Tapi kini pola pikirnya berubah.

“Dulu saya pernah bilang saya tak akan pernah masuk ke politik, mungkin image-nya saya sangat antipolitik. Ya memang benar, dulu saya seperti itu,” kata Gibran.

“Sekarang mungkin karena proses pendewasaan, saya mulai menyadari sebagai anak muda, kita harus mulai mengubah stereotip, mulai mengubah mindset orang-orang bahwa politik itu selalu kotor,” sambungnya.

Menurut Gibran, pemikiran tersebut dapat diubah oleh anak muda. Dia mengatakan saat ini waktunya untuk anak muda menjadi penggerak.

“Kalau yang mengubah bukan anak muda, ya nggak mungkin bisa. Karena ini momennya anak muda untuk jadi penggerak, bukan jadi objek yang digerakkan,” kata Gibran.

Kaesang Pangarep menjadi sorotan karena mengungkapkan keinginannya untuk terjun ke politik. Kabar ini disampaikan kakaknya Gibran Rakabuming Raka.

Gibran menuturkan kabar ini disampaikan Kaesang saat momen makan siang keluarga pada Minggu (21/1/2023) lalu. Kala itu bertepatan dengan Jokowi kunjungan kerja di Solo.

“Mungkin kemarin yang kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Kaesang kemarin, aku yo kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke saya ke bapak ada ketertarikan di politik,” kata Gibran kepada wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (24/1/2023).

Pernyataan Kaesang ini pun menuai reaksi kaget dari Gibran maupun Jokowi. Gibran menyebut adiknya itu tak pernah membahas soal politik.

“Biasane yo ora tau ngomongke ngono kui (biasanya nggak pernah membicarakan kayak gitu politik), aku yo kaget,” tuturnya.

Gibran menyebut Kaesang berkeinginan untuk berkontribusi di pemerintahan. Suami Selvi Ananda ini pun sempat mengajak Kaesang mengikutinya kunjungan kerja ke Solo Technopark, Solo Safari, hingga Ngarsopuro.

Gibran menilai adiknya itu mampu untuk terjun ke politik. Menurutnya, pengalaman Kaesang di Persis Solo merupakan salah satu portofolio yang layak dipertimbangkan.

“Dia (Kaesang) cah enom (anak muda) tapi belajar capat,” jelas Gibran.

Ayah dari Jan Ethes dan La Lembah Manah ini pun mengaku tak mendorong Kaesang untuk terjun ke politik. Gibran mengungkap Kaesang berkeinginan maju ke eksekutif atau kepala daerah.

“Ya dari level bawah dulu, mosok langsung Presiden. Bukan DPR, eksekutif,” terang Gibran.