Dugaan Harta tak Wajar, Aktivis Politik: KPK Harus Periksa Sekdaprov Riau

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus segera memeriksa SF Hariyanto atas dugaan harta tidak wajar yang dimilikinya terlebihh lagi gaya hidup mewah yang diperlihatkan istrinya.

“Walaupun Sekdaprov Riau SF Hariyanto sudah klarifikasi, namun lebih baik KPK memeriksanya termasuk sumber harta yang dimilikinya,” kata aktivis politik Rahman Simatupang kepada redaksi www.suaranasional.com, Senin (20/3/2023).

Menurut Rahman, pemeriksaan KPK terhadap SF Hariyanto untuk memastikan sumber dana yang dimilikinya. “Bisa dihitung gaji dan tunjangan yang diterima setiap bulan dengan harta yang dimiliki. Wajar atau tidak,” jelasnya.

Kata Rahman, klarifikasi SF Hariyanto bahwa barang-barang dimiliki istrinya itu KW justru terlihat membohongi publik. “Saat ini publik sudah tahu barang asli dan KW. Dan barang yang diperlihatkan istrinya di media sosial itu asli yang nilainya ratusan juta rupiah,” papar Rahman.

SF Hariyanto memberikan klarifikasinya di rumah dinasnya Jalan Gajah Mada Pekanbaru, Minggu (19/3/2023) malam.

Baca juga:  Pengamat: Hanya Di Era Jokowi Ulama Ditolak Ceramah

Ia menjelaskan jika sederet barang branded yang dipamerkan sang istri, merupakan produk palsu alias KW, yang dibelinya di kawasan Mangga Dua, Jakarta, termasuk tas yang disebut harganya Rp420 juta.

“Semua (tas) ini adalah palsu, semua KW,” ucap pria yang akrab disapa Anto itu.

Dia berujar bahwa semua tas KW itu dibeli istrinya dengan harga kisaran Rp2 juta hingga Rp5 jutaan.

“Masalah tas ini saya pun sedih juga. Kan mereka lihat ini disandingkan totalnya Rp 420 juta, padahal hanya Rp 2-5 juta beli di ITC Mangga Dua di Jakarta,” kata dia.

Menariknya, akun @PartaiSocmed kembali mengunggah cuitan, di mana sepatu dari brand Italia, Gucci yang sempat dikenakan sang istri saat berlibur, berbeda dengan sepatu KW yang ditunjukkannya saat konferensi pers.

“Mohon maaf Pak Sekda Riau, sepatu Gucci KW-nya berbeda dengan yg di flexing isteri Bapak. Itu Gucci Pearl Embellished Platform Sneakers lho. Mungkin terburu2 beli ‘barbuk’ buat acara konpress?,” cuitnya, pada Senin (20/3/2023).

Baca juga:  Moeldoko Dikirimi Karangan Bunga Dukungan, Pengamat: Mirip Operasi Taipan Ala Pendukung Ahok

Sepatu tersebut, memang terlihat tak memiliki list hitam, merah dan putih seperti yang dikenakan istrinya. Selain itu, di bagian solnya, juga tak tampak hiasan mutiara yang mengelilingi sepatu, seperti dalam gambar yang ia tunjukkan.

Sepatu series Gucci Pearl Embellished Platform Sneakers memiliki aksen mutiara, renda dan perangkat keras emas yang membuat nuansanya menjadi glamour. Harganya sendiri, dikutip situs The Luxury Closet dibanderol dengan Rp6 juta. Harga ini merupakan harga diskon, dari Rp11jutaan.

Hal tersebut pun membuat spekulasi baru, bahwa barang branded kw yang dipamerkan SF Hariyanto untuk membela sang istri, sengaja dibeli baru-baru ini, jelang klarifikasi yang ia lakukan.