Ketum PBNU tak Mengharamkan Warga NU Memilih PAN

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya mengatakan, warga NU tidak haram mencoblos Partai Amanat Nasional (PAN). Meskipun, kata dia, sudah diketahui bersama bahwa PAN didirikan dengan berbasis Muhammadiyah.

“Saya sebagai ketua umum PBNU harus katakan warga NU tidak haram mencoblos PAN,” kata Gus Yahya saat menghadiri acara Simposium Satu Abad NU yang digelar PAN di Hotel Sheraton, Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (18/2/2023). Hadir pula Ustadz Adi Hidayat yang diajak Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas).

Gus Yahya menyatakan, pernyataan tersebut bukan berarti dirinya mengkampanyekan PAN. Apalagi, ia bukan merupakan kader dari PAN. Gus Yahya lebih memuji PAN yang mampu mentransformasikan diri menjadi partai yang rasional.

“Saya ucapkan selamat kepada PAN karena berhasil dengan nyata mentransformasikan diri menjadi partai yang lebih rasional. Kita semua tahu PAN ini didirikan dengan berbasis Muhammadiyah, katanya. Tapi sekarang kita tahu semuanya terbuka. Gak mungkin Muhammadiyah bernyanyi Ya Lal Wathon,” ujarnya.