by

Yakin Gedung-gedung Sudah Terbangun di IKN pada Januari 2023, Aktivis Politik: Jokowi Terlalu Halusinasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempunyai halusinasi tingkat tinggi dengan meyakini gedung-gedung sudah terbangun di IKN pada Januari 2023.

Demikian dikatakan aktivis politik Rahman Simatupang dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Senin (5/12/2022). “Pernyataan Jokowi tidak perlu dipercaya seperti Mobil Esemka yang sudah dipesan 6000 unit. Jokowi banyak bohongnya,” paparnya.

Rahman mengatakan, pembangunan IKN terkendala investor termasuk pembebasan lahan. “Pembangunan IKN memeras APBN seperti proyek kereta cepat Jakarta-Bandung,” jelas Rahman.

Kata Rahman, Jokowi lebih mengedepankan proyek mercusuar tanpa fundamental ekonomi yang kuat. “Cara Jokowi membuat anggaran negara jebol dan memunculkan utang yang menumpuk,” paparnya.

Baca juga:  Bukan Hanya Rakyatnya Sendiri, Filipina Pun Dibohongi Jokowi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memuji perkembangan pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) saat meninjau langsung di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (25/10). Jokowi menyatakan keyakinan bahwa pada Januari 2023, gedung-gedung sudah terbangun di IKN.

Presiden menjelaskan yang terbangun pada Januari nanti bukan hanya gedung-gedung pemerintah, tetapi juga yang diperuntukkan dan dipergunakan sektor swasta, sebagai penanda pusat perekonomian baru di wilayah IKN.

“Nanti bisa kita lihat di bulan Januari insya Allah bukan hanya gedung-gedung pemerintah, tetapi private sector/sektor swasta, investor, PPP (public private partnership), sudah pada masuk dan mulai. Ini yang nanti akan menggeliatkan IKN betul-betul sebagai pusat perekonomian baru dan kita harapkan ini terus bergerak,” kata Jokowi seturut keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta.

Baca juga:  IKB-UI Kecam Tindakan Represif Polisi

Dalam kesempatan yang sama, Presiden menyampaikan bahwa pembangunan sejumlah infrastruktur berkembang dengan baik seperti pembangunan bendungan, pengembangan lahan, serta pembukaan akses jalan.

“Land development (pembukaan lahan, Red) untuk kementerian, untuk gedung wakil presiden, untuk gedung presiden, semuanya sudah saya lihat dalam proses persiapan-persiapan. Pembangunan infrastruktur jalan juga sudah dimulai, utamanya yang jalan tol dari IKN ke Balikpapan. Saya kira ini progres yang baik,” ujar Jokowi.

 


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *