Kajian Politik Merah Putih: Ada Dugaan Kasus Ferdy Sambo Bisa Membongkar Peredaran Uang Haram di Polri

Ada dugaan setelah Ferdy Sambo menjadi tersangka dan masuk pengadilan bisa membongkar peredaran uang haram di Polri.

“Kasus Ferdy Sambo diduga kuat akan merembet pada peredaran uang haram yang akan membakar semua yang terlibat,” kata Koordinator Kajian Politik Merah Putih Sutoyo Abadi kepada redaksi www.suaranasional.com, Rabu (10/8/2022).

Awal kasus Ferdy Sambo sulit terungkap dan beberapa pejabat Polri mencoba menutupinya, kata Sutoyo, tidak lepas posisinya yang masih menjabat Satgasus Merah Putih.

“Posisi Ferdy Sambo sebagai mantan Komandan Satgasus Merah Putih, kaitannya dengan sumber dana yang dimiliki. Diduga kuat terkait dengan kasus perjudian , mafia narkotika dan yang ujungnya melibat pada ada dugaan peredaran uang haram yang maha besar di lingkungan pejabat negara,” jelas Sutoyo.

Selain itu, Sutoyo menyoroti sikap diam Komisi III dalam kasus pembunuhan Brigadir Joshua.

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menyatakan sikap irit komentar dalam kasus penembakan Brigadir J tak lantas berarti bahwa DPR diam. Menurutnya, komunikasi dengan pimpinan Polri dilakukan secara informal karena DPR tengah menjalani masa reses saat ini

“Keanehan terkesan asal jawab atau klarifikasi. Kalaulah alasan reses bisa dipahami toh reses bisa dibatalkan kalau ada masalah yang emergency terkait dengan peran dan fungsi DPR RI harus cepat bertindak atas keadaan yang genting/penting telah memanggilnya,” paparnya.

Sutoyo menilai pernyataan Arsul lebih ngawur lagi asal klarifikasinya, soal penetapan tersangka itu wewenang Bareskrim.

“Urusan penetapan tersangka memang urusan Bareskrim via penyidik. Hanya urusan memanggil Kapolri itu tugas Komisi III untuk meminta kejelasan dan meminta kasusnya segera diselesaikan sejalan dengan himbauan Presiden yang terus mengulang ulang sampai tiga kali,” ungkapnya.

Kelambatan Komisi III DPR memanggil Kapolri dan sikap diamnya tidak boleh dianggap wajar. Rakyat wajib terus mengawasi dan sesuai kondisi kegawatan yang ada atas indikasi apabila ada hal hal yang tidak wajar harus diketahui masyarakat luas

“Atas kejadian tersebut wajar kalau masyarakat meminta Bareskrim apabila dimungkinkan kasus Ferdy Sambo ini ada benang merah alasan kena apa Komisi III diam terkesan acuh atas peristiwa ini. Bareskrim harus ada keberanian periksa semua anggota Komisi III DPR RI,” pungkas Sutoyo.