Sejarah Gagatan Adalah Awal Titik Tolak Metodologi Terbaru Agar Konsep Trilogi Pendidikan Nyi Ageng Serang Diajarkan di Indonesia

Oleh: Andi Kusnanto (Kepala Sekolah SMK Pelita Bangsa Sumberlawang Sragen Jateng)

Sejarah Gagatan, bagaimana ceritanya Pak Guru ? (Siswa bertanya setelah Pak Guru mengusulkan Perubahan Logo Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi Indonesia yang dipimpin oleh Mas Nadiem Makarim, usulan perubahan logo tersebut langsung menjadi heboh dan pembicaraan pemerhati dan pelaku pendidikan nasional), bahkan dikarenakan menjadi kontroversi seperti perubahan Logo Halal MUI saat ini…., sampai-sampai salah satu rekan sahabat Mas Menteri memberikan nomor HP / WA Mas Menteri Nadiem Makariem agar saya komunikasi langsung dengan beliaunya (heboh, kan 😄😁😄😁???)

https://www.kompas.tv/article/270627/polemik-perubahan-logo-halal-baru-logo-lama-masih-berlaku-hingga-2026

https://news.detik.com/berita/d-5980658/ini-sebenarnya-penyebab-logo-halal-indonesia-diganti
(pak guru biarkan mereka berproses dengan sendirinya.. 🙏🙏🙏), fokus pak guru adalah mempertahankan dan mempertanggungjawabkan usulan pergantian tsb, sebab setiap saran wajib ada usulan itulah keadilan(sesuai sila keberapa ayooo 😁😄?)

Guru yang dahsyat memang wajib heboh dan menjadi kontroversi perdebatan pola pikir, dan siswa berhasil menemukan alat untuk diterapan sejak mereka mendengar di kelas sampai akhir hayat dari siswa tsb.(cukup iya alasan pak guru bikin penjelasan ringkas yg heboh 😁😄, dalam sebab memang kewajiban guru adalah membuat hal tsb, “metode kehebohan” wajib dan harus dilakukan oleh seorang guru kepada muridnya baik PTM/PJJ (looo…..kenapa begitu Pak Guru????), loo katanya pak guru menyampaikan ilmu, ilmu akan dibawa sampai mati…. (sejenak anak-anak diam 😷😷😷), kalau belum percaya pak guru bisa lihat link :

https://m.oase.id/read/RD17qw-3-amalan-yang-membuat-pahala-seseorang-terus-mengalir-meski-telah-meninggal

https://www.republika.co.id/berita/qcun9c320/3-amalan-pahalanya-senantiasa-mengalir-meski-sudah-wafat

Dua link cukup anak-anak?, nanti cari sendiri iya dan belajar dengan guru agamamu masing-masing…., (langsung dijawab,…cukup pak guru,…. Inggih siap…. Pak Guru), ok siap difokus dan kita lanjutkan….??? 😄😁),…..lanjutkan pak guru…. (mereka menyaut dengan penuh semangatnya…. 👍👍👍👍👍)

Konsep dalam metodologi yang wajib kita sampaikan kepada para siswa memang wajib berisikan tentang pemikiran-pemikiran anak didik bisa menjadikan masa lalu sebuah negara kita, menjadi bahan masukan ketika menghadapi kenyataan hari ini, dan bisa menembus dimensi batas waktu masa depan anak didik kita, sehingga anak didik kita bisa menjadi pemimpin, dan mampu menata ulang tatanan dunia ini sesuai jati diri bangsa, dan perubahan tsb, berawal dari kelas-kelas yg terjadi dialektika guru dengan siswanya.

Sekilas perubahan logo (pak guru berpesan bahwa perubahan logo itu hanya pancingan pak guru kepada pada siswanya agar mau rajin dikelas, pak guru loo iya 😁😄😄😄😁 (maksudnya bagaimana, Pak Guru kok malah terbawa terbahak-bahak, tanya salah satu siswa, pak guru udah hafal siswa seperti itu biasanya nanti kuliah di ITB, UI, UGM, Undip dan kampus-kampus besar di Indonesia, paling dekat dengan lokasi Pak Guru yaa selalu masuk UNS tanpa test 🙏🙏🙏), iya Maksunya penjelasan dan apa yg pak guru terangkan diikuti secara terus menerus…..(lebih jelasnya tulisan ini dibaca bersambungnya lagi, dengan harapan pak guru, siswa akan penasaran menantikan besok pak guru mau cerita apa…. 😄😁😁😄🙏🙏🙏)

Siap ke Fokus Penjelasan dari Pak Guru????

Kenapa Kita Wajib Berubah :

Baca di rumah masing-masing iya…., kalau belum jelas, besok pak guru jelaskan dan pak guru terangkan…., lihat 3 contoh link berikan…. (dan banyak link yg bahas perubahan tsb) 🙏🙏🙏

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/berita/baca/206/Mengapa-Kita-Harus-Berubah.html

https://www.idntimes.com/life/inspiration/andri-andreas-1/alasan-kamu-harus-mau-berubah-jika-itu-menyangkut-masa-depan-sendiri-c1c2

Penjelasan pak guru, bahwa proses perubahan sepanjang waktu adalah sebuah kodrat dari suatu peradaban manusianya, sebagai bukti catatan sejarah kita bersama beserta generasi penerus selanjutnya, agar bisa melihat dimensi masa lalu, mengakslerasikan dengan kondisi saat ini dengan tepat guna terbaik, serta mampu melihat dan mengantisipasi dimensi masa depan kita semuanya.

Loo….laa Kapan ceritanya “Sejarah Gagatan” sesuai judul diatas, Pak Guru…. ????

Sabar disik…..,sareh…. Disik…., besok…..(baca dulu juga sebagian sudah saya share tulisan sebelumnya…..🙏🙏🙏)disambung kembali, pak guru wajib bantu jualan baju batik istriku :

https://instagram.com/batikauliasolo?utm_medium=copy_link

Tapi kalau tidak suka baju jadi, bisa juga kok pesan kain-kain batiknya :

https://instagram.com/batiksolohajiandi?utm_medium=copy_link

Sudah dulu kelas hari ini iya Insya Allah…. Pak Guru lanjutkan ceritanya…..

Tetap semangat dan pantang menyerah dalam mewujudkan impian dan cita-cita bersama salah satunya lewat dunia pendidikan dan lewat pengabdian di Kecamatan Sumberlawang Sragen Jateng, dan Indonesia Raya tercinta, teriring salam dan doa, semoga ditambahkan sehat walafiat, selamat dan sukses selalu… Gusti Allah SWT meridho niat kita bersama….
Bersambung…… 🙏🙏🙏

Disajikan :
Andi Kusnanto (Guru dengan NUPTK :6642754655110032 yg ditugaskan oleh Yayasan PBS Sumberlawang sebagai Kepala Sekolah SMK Pelita Bangsa Sumberlawang Sragen Jateng)
Harjosari, Desa Majenang, Kecamatan Sukodono, Kab. Sragen Jateng,
Jumat Pon, 18 Maret 2022