Jokowi Minta Bank Merancang Student Loan, Guru Besar UMS: Perangkap Utang bagi Mahasiswa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta bank membuat student loan agar banyak anak muda bisa kuliah justru menjadi perangkap utang bagi mahasiswa.

“Kenapa mesti student loan. Bahaya. Jadi perangkap utang bagi mahasiswa,” kata Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof Aidul Fitriciada di akun Twitter-nya @AidulFa, Ahad (9/1/2022).

Aidul mengatakan seperti itu menanggapi berita dari Vice Indonesia berjudul “Waspadai Risiko di Balik Janji Manis Pinjaman Kuliah Mahasiswa”

Kata Aidul Fitriciada, untuk mendorong generasi muda bisa kuliah dengan memperbanyak beasiswa, CSR atau ZIS.

Presiden Jokowi meminta perbankan menyediakan model kredit atau pinjaman kepada siswa/mahasiswa kurang mampu. Model kredit ini dikenal dengan sebutan student loan.

“Saya ingin memberi PR kepada bapak ibu sekalian dengan yang namanya student loan atau kredit pendidikan,” ungkapnya saat bertemu dengan para pimpinan bank umum Indonesia, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Mantan Wali Kota Solo ini berharap pengelolaan kredit perbankan bisa memberikan dampak positif bagi Tanah Air. Misalnya memberikan nilai tambah pada dunia pendidikan dan pengembangan intelektual anak bangsa.

“Jadi tolong potensi-potensi inovasi menjadi perhatian serius kita. Karena kalau tidak berinovasi nantinya orang akan ambil. Itu pasti,” ujar dia.