Romo Benny Campuri MUI, dr Eva Chaniago: Tak Baik Memprovokasi Antar Umat Beragama

Uncategorized

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Romo Antonius Benny Susetyo telah memprovokasi antar umat beragama dengan mencampuri MUI.

“Romo Benny tak baik memprovokasi antar umat beragama dengan mencampuri MUI,” kata dr Eva Chaniago di akun Twitter-nya, Ahad (21/11/2021).

Menurut dr Eva, harusnya Romo Benny mengurus organisasi agama katolik. “Urus agama sendiri saja Romo, jangan lompat pagar,” ungkapnya.

dr Eva memuji PGI yang sudah mengklarifikasi tidak ikut provokasi pembubaran MUI. “Salut dengan sikap tokoh umat di PGI,” jelas dr Eva.

Romo Antonius Benny Susetyo ‘diserang’ warganet di Twitter. Ini terjadi, lantaran dirinya membagikan sebuah video berjudul ‘MUI Harus Berbenah, Jangan Jadi Sarang Kelompok Radikal’.

Video tersebut, berkaitan dengan penangkapan anggota Komisi Fatwa MUI, Ahmad Zain An Najah, oleh Densus 88 karena diduga terlibat dengan kelompok terorisme.

Di mana, dalam video tersebut pula, Ketua Setara Institute, Hendardi mengatakan, penangkapan tersebut menjadi gambaran bahwa jaringan radikalisme dan terorisme di Indonesia telah menyusup secara sistematik ke berbagai institusi sosial, termasuk institusi keagamaan.

Menurutnya, momentum penangkapan tersebut seharusnya cukup menjadi alsan bagi MUI untuk elakukan pembenahan secara besar-besaran. Hal tersebut perlu dilakukan, agar nantinya seluruh pengurus MUI dapat dipastikan tidak terafiliasi dengan jaringan terorisme.

“Penangkapan An-Najah harus menjadi momentum koreksi serius bagi MUI untuk melakukan upaya-upaya ekstra, memastikan kelembagaan MUI tidak menjadi instrumen promosi intoleransi. Bukan hanya MUI di tingkat Pusat, MUI di berbagai tingkatan juga mesti berbenah,” jelasnya.