Gus Muwafiq: Perintah Tuhan Bisa Kalah Sama Urusan Negara

Uncategorized

Di saat pandemi Covid-19 perintah Tuhan bisa kalah sama urusan negara seperti Arab Saudi yang melarang diadakannya ibadah haji.

“Perintah Tuhan kalah bisa sama urusan negara misalnya haji itu perintah Allah kalah sama kebijakan Arab Saudi yang melarang berhaji karena Corona,” KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) dalam wawancara dengan detik.

Gus Muwafiq mengatakan, haji itu perintah Allah yang tercantum dalam Al Qur’an namun bisa kalah peraturan negara saat Corona. “Begitu pula Israel melarang warga berbagai negara ke Tembok Ratapan. Ini juga perintah Tuhan kalah sama dengan aturan negara. Italia meniadakan misa bersama juga menunjukkan perintah Tuhan kalah dengan aturan negara,” paparnya.

Ia juga mengatakan, persoalan Corona sulit diselesaikan di Indonesia karena narasinya berbeda-beda dan masyarakatnya komunal. “Masyarakat Indonesia komunal seperti India sebentar lagi Brasil terkena Corona. Ketika Corona diserahkan masyarakat komunal pasti bubar. Maka tugas negara yang mempunyai peran membuat aturan,” jelas Gus Muwafiq.

Kata Gus Muwafiq, negara biasa menangani kemaslahatan orang banyak terkait masalah pendidikan, keamanan dan sekarang jni Corona. “Perbedaan pandangan terkait Corona diatasi negara demi kemaslahatan hidup orang banyak,” paparnya.

Gus Muwafiq mengatakan, orang yang menganggap Corona konspirasi akan berkurang dengan fakta kematian. “Fakta sesak, pilek dan meninggal membuat pengikut konspirasi Corona ditelan jaman,” pungkasnya.