Eks Kepala BIN Heran Mabes Polri Kebobolan Teroris

Uncategorized

Mabes Polri yang seharusnya dijaga secara ketat bisa kemasukan teroris amatiran dengan membawa airgun.

“Di Mabes Polri amatiran dan konyol jalan-jalan, sana-sini, pakaiannya gak penyamaran,” kata mantan Kepala BIN Sutiyo, Kamis (1/4/2021) Dikutip dari IDN Times.

Sutiyoso meminta penjagaan di Mabes Polri untuk dievaluasi.”Ini yang perlu dievaluasi. Bagaimana seorang yang mudah dikenali berhasil masuk penjagaan yang harusnya ketat?” tambahnya.

Selain amatiran, mantan Gubernur DKI Jakarta dua periode ini menilai teroris di Makassar dan Mabes Polri juga sama-sama seolah ingin cepat mati saja. Menurutnya, para pelaku itu terobsesi dengan narasi yang diciptakan bahwa kalau mati menyerang yang tak sepaham langsung masuk ke surga.

“Mereka terbius narasi teroris yang umumnya melalui ceramah dan media sosial,” ucap Sutiyoso.

Selain itu, mantan Pangdam Jaya ini menilai DPR harus segera merevisi undang-undang terorisme. Menurutnya, UU terorisme di Indonesia saat ini menjadi salah satu yang terlemah di dunia.

“Contohnya Malaysia, orang Malaysia yang sempat ikut ISIS dan kembali langsung dipenjara, setelah keluar mereka diikatkan gelang di kaki untuk dimonitor aparat. Sementara kita yang pulang aman saja ke masyarakat, karena undang-undang menyebut mereka melakukan aksi teror di luar negeri,” kata Sutiyoso.