Ketua DPRD Ciamis Apresiasi Jelajah Kopi Nusantara

Tim Jelajah Kopi Nusantara yang dikomandani Ahmad Bahar bersilaturahmi dengan Ketua DPRD Kabupaten Ciamis H Nanang Permana, SH di Cafe Oitrie, Ahad (14/3/2021).

Pertemuan tim Jelajah Kopi Nusantara dengan Nanang Permana salah satunya membicarakan budidaya kopi di berbagai wilayah Indonesia.

Nanang menceritakan budaya kopi tidak lepas dari masyarakat Indonesia yang merokok. Ia sendiri mengaku sejak kecil sudah merokok.

Ia juga menceritakan rahasia keunggulan kopi di Cafe Oitrie. “Siapa saja yang minum kopi di Cafe Oitrie pasti dijamin tidak akan mendapat gangguan maag. Apa rahasianya? Jawabnya karena kopi yang dijual disitu harus diendapkan dahulu selama 8 tahun. Itu kuncinya,” ujar ketua DPC PDIP Ciamis ini.

Nanang juga mengatakan kegigihan para petani kopi di Ciamis. Mereka harus berguru ke Lampung dan mengembangkan sendiri di Ciamis hingga turun temurun.

Selain itu, ia menceritakan usahanya budidaya padi unggul bukan di sawah tetapi di polibag. Hasilnya cukup bagus, tidak membutuhkan biaya pengolahan yang terlalu tinggi, dan tidak perlu menunggu musim. “kita harus berlomba untuk menggapai kesuksesan bersama,” ujarnya. (Yunus)