FPI: 6 Laskar FPI Ditembak Jarak Dekat & Ada Penyiksaan

Jenazah enam Laskar Front Pembela Islam (FPI) ditembak dari jarak dekat dan tubuhnya ada penyiksaan.

“Dilihat dari bekas tembakan, menurut pendapat ahli yang hadir dalam pemandian jenazah, bahwa para syuhada ditembak dari jarak dekat,” kata Ketua Umum DPP FPI KH Shobri Lubis dalam pernyataan kepada wartawan, Rabu (9/12/2020).

Kata Kiai Shobri Lubis, menurut ahli yang hadir dalam pemandian jenazah, tembakan ke arah jantung para Laskar FPI ada yang dilakukan dari depan, bagian dada dan ada yang dilakukan dari belakang. “Pada tubuh sebagian besar para syuhada, terdapat tanda tanda bekas penyiksaan,” ungkapnya.

Kiai Shobri mengatakan, tembakan terhadap enam Laskar FPI tersebut memiliki kesamaan sasaran, yaitu semua tembakan mengarah ke jantung. “Seluruh jenazah syuhada terdapat lebih dari 1 lubang peluru,” paparnya.

FPI mendorong Komnas HAM, Komnas Anak dan Komnas Perempuan untuk melakukan investigasi atas kasus ini, karena dalam rombongan IB HRS yang diganggu pada rangkaian peristiwa penembakan tersebut terdapat perempuan, bayi dan balita.

“Kami mendorong pihak Komnas HAM untuk memperluas keterlibatan dan partisipasi publik dengan merekrut komisioner adhoc dari kalangan masyarakat sipil yang profesional dan independen serta berintegritas untuk menjadi anggota Tim Pencari Fakta dalam peristiwa Extra Judicial killing ini,” jelasnya.