by

Fahri Hamzah Dukung Pelembagaan Dinasti Lokal

Dinasti politik lokal perlu dilembagakan karena sebelum Republik Indonesia lahir sudah ada berbagai kerajaan dan kesultanan.

“Saya menganggap pelembagaan dinasti lokal harus didukung. Karena faktanya bahwa sebelum Republik Indonesia lahir, Indonesia adalah semenanjung dan kepulauan yang dikuasai oleh kerajaan dan kesultanan dengan kekuasaan yang tidak kecil,” kata Fahri di akun Twitter-nya @fahrihamzah.

Kata Fahri, berdasarkan data sejarah Republik ini peenah dipimpin oleh ratusan kerajaan-kerajaan lokal. “Dinasti lokal yang real di daratan dan kepulauan. Sebagian dari dinasti lokal itu bahkan punya pengaruh mendunia,” paparnya.

Baca juga:  SBK: Jokowi tak Mau Diganti, Rakyat Menanggung Derita

Fahri prihatin meihat anak keturunan raja dan sultan yang terbengkalai di seluruh nusantara kita. “Orang-orang yang pernah dijunjung tinggi dan menguasai air dan daratan semenanjung,” jelas Fahri.

Kata Fahri, keturunan raja dan sultan harusnya dipelihara dan dilembagakan sebagai otoritas simbolik dan kultural. Mereka seharusnya dibuatkan museum kebesaran dan kejayaan. “Istana mereka seharusnya tetap dipugar dan hulubalang mereka tetap difungsikan. Mereka seharusnya memimpin prosesi adat dan budaya,” pungkasnya.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed