by

Pengamat: Putusan MA Terkait Pilpres 2019 bisa Mendapat Sorotan Dunia Internasional & Berdampak ke Jokowi

Putusan Mahkamah Agung (MA) terkait Pilpres 2019 bisa mendapat sorotan dunia internasional dan berdampak ke Rezim Joko Widodo (Jokowi).

“Putusan MA itu bisa mendapat sorotan dunia internasional,” kata pengamat kebijakan publik Amir Hamzah kepada suaranasional, Sabtu (11/7/2020).

Kata Amir Hamzah, jika Presiden Jokowi tidak mengelola secara baik sikap dunia internasional terhadap putusan MA bisa berdampak hubungan dagang bahkan diplomatik beberapa negara. “Bisa jadi beberapa negara setelah melihat keputusan MA itu mengulur berbagai bidang kerja sama dalam berbagai bidang misal perdagangan, investasi,” papar Amir.

Baca juga:  Wiranto Tegaskan Banser Ingin Bersihkan Pemanfaatan Kalimat Tauhid oleh HTI

Amir menghkawatirkan beberapa negara akan menarik duta besarnya setelah adanya putusan MA itu. “Bisa jadi negara lain menarik duta besarnya dari Indonesia. kalau ditarik hubungan kedua negara mulai terganggu,” paparnya.

Ia mengatakan, dunia internasional menyoroti hasil putusan MA karena negara asing sangat menghormati legislatif, eksekutif dan yudikatif. “Bagi dunia internasional, putusan MA itu bagian yudikatif yang harus dihormati dan dijalankan,” jelas Amir.

Selain itu, ia mengatakan, putusan MA makin menguatkan masyarakat bahwa Pilpres 2019 penuh dengan kecurangan. “Justru menambah penilaian masyarakaat bahwa rezim ini dari hasil kecurangan,” pungkasnya.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed