Luhut: Jelekkan Orang Lain, Puasanya Batal

Di saat bulan suci Ramadhan menjelekkan orang lain bisa membatalkan puasa.

“Momen Ramadhan ini jangan menjelekkan orang. Nanti puasamu batal,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Sabtu (2/5/2020) dikutip dari tempo.co.

Luhut memandang ada pihak-pihak tertentu yang mendengungkan kritik sekadar untuk memperoleh atensi dari masyarakat. Menurut Luhut, hal tersebut terkesan tak elok. “Jangan kritik kencang supaya diperhatikan. Itu kampungan,” katanya.

Di samping itu, Luhut juga menampik adanya komentar yang menyebut bahwa ia sebagai menteri koordinator hanya berfokus pada persoalan ekonomi ketimbang penanganan virus corona di masa wabah. Luhut menerangkan, di tengah pagebluk ini, menteri-menteri harus memiliki fokusnya masing-masing agar roda perekonomian tetap berjalan.

“Ada yang fokus ke Covid-19 (corona), ada yang memikirkan (keberlanjutan) ekonomi karena kamu tetap harus hidup. Masa semua ngurusi Covid-19?” ucapnya.

Ia memastikan hanya ingin bekerja dengan optimal dan menjaga marwah untuk tidak korupsi. “Jadi saya enggak mau terlalu terpengaruh,” tuturnya.

Alih-alih mengomentari, Luhut meminta pihak-pihak terkait untuk introspeksi diri. “Tanya dirimu saja. Apa yang kamu lakukan buat bangsa ini?” katanya.