Ustadz Yusuf Mansur Sebut Lebih Baik Umat Islam Berdoa untuk Muslim Uighur

Ustadz Yusuf Mansur meminta umat Islam mendoakan muslim Uighur di China.

“Saya sebagai rakyat memilih posisi berdoa dan mendoakan rakyat Uighur, termasuk mendoakan pemerintah untuk mencari tahu situasi ini,” kata Yusuf Mansur dikutip dari YouTube tvOne, Kamis (19/12/2019).

Dia mengatakan bahwa pemerintah harus memiliki keseriusan mencari tahu informasi sebenarnya yang menimpa rakyat Uighur. Sebab masyarakat, terutama kaum Muslimin ribut karena tidak mendapatkan informasi utuh dari pemerintah.

“Kalau tidak masyarakat pada ribut satu sama lain. Saling menghujat, yang satu menganggap diam saja dan satunya lagi sok tahu. Pemerintah harus mencari tahu dan mengumumkan kepada kita tentang peristiwa sebenarnya,” tuturnya.

Jika benar ada pelanggaran HAM, kata dia, pemerintah harus mengambil tindakan politik antarnegara. Dia pun berharap bisa ke Xinjiang untuk memastikan kondisi yang terjadi di sana.

Sementara dalam akunnya di Instagram, dia menulis bahwa di Pondok Pesantren Daarul Qur’an dan cabang-cabangnya, para santri sudah menyiapkan kumpulan doa-doa untuk semua kaum Muslim di seluruh dunia.

“Semisal di Yaman, Saudi dan Qatar serta belahan bumi yang lain. Meski itu negeri yang aman. Bismillah. Kita berdoa dulu,” ucapnya.