by

Disdukcapil Lamongan Berikan Pelayanan KTP Elektronik ke Penghuni Lapas

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamongan melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP el) pada warga Lamongan yang saat menjadi warga binaan di Lapas Kelas II B Kabupaten Lamongan. Hal tersebut dilakukan agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Mendatang.

“Agar warga binaan lapas yang sudah memiliki hak politik dapat melaksanaan hak konstitusi tersebut pada pemilu mendatang,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamongan, Sugeng Widodo, Ahad (13/01).

Sugeng menjelaskan di Lapas Lamongan itu ada 29 orang yang belum memili KTP el.

Baca juga:  Pagar Nusa NU Sebut MPI Muhammadiyah Bloon

“Ada 19 orang sudah perekaman sehingga sudah ada datanya dan 10 orang dilakukan perekaman. Dan selanjutnya KTP el-nya kita cetak dan akalu sudah selesai kita natar ke Las untuk diberikan pada yang bersangkutan,” jelas Sugeng.

Sementara itu Kalapas Kelas II B Kabupaten Lamongan, Ignatius Gunaidi melalui Kasubsie Registrasi dan Bimkemasy, Idris Pauzi pada sejumlah awak media mengatakan bahwa perekaman identitas beberapa Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk memenuhi ketentuan dalam pelaksanaan Pemilu mendatang.

“Kami memfasilitasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), KPU dan Bawaslu Kabupaten Lamongan melakukan perekaman e-KTP bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bertempat di Aula Lapas Kelas II B Lamongan,” jelasnya.

Baca juga:  Terbongkar, Ada Kebohongan Pertamina Ambil Blok Mahakam 100 Persen

Dikatakannya, setelah dilakukan perekaman identitas,pihanya juga melakukan koordinasi singkat dengan Disdukcapil, KPU dan Bawaslu Kabupaten Lamongan terkait pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lapas Kelas II B Lamongan.

“Mereka (WBP) langsung kembali ke kamar hunian dengan tertib setelah dilakukan perekaman KTP el. Dan perekaman tersebut diharapkan mampu memberikan data terkini di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lamongan guna mendorong terselenggaranya Pemilu yang Demokratis,” pungkas Idris Pausi. (Rinto Caem)

loading...

News Feed