Warga Nonmuslim Papua Barat: UAS Pemersatu Bangsa dan Cinta NKRI

Ustadz Abdul Somad (UAS) bukan hanya milik umat Islam tetapi nonmuslim juga menikmati ceramah ulama asal Riau itu.

Kontributor suaranasional mendapatkan pengakuan dari beberapa warga non muslim yang ikut mendengarkan ceramah UAS di Halaman Mako Armada III TNI AL Sorong, Ahad (23/9).

Samuel Nebore (28) warga nonmuslim Sorong bersama ribuan jamaah ikut mendengarkan UAS. Samuel mengatakan, sosok UAS pemersatu bangsa Indonesia. “Kami bisa disatukan mendengarkan Ustadz di sini (halaman Mako Armada III-red),” ungkapnya.

Samuel mengatakan, UAS dalam ceramahnya menyampaikan pesan-pesan toleransi dan cinta NKRI. “Kami juga heran atas tuduhan terhadap UAS. Beliau bagus,” ungkapnya.

Pendapat senada diungkapkan Johan Pulanda (30) yang sengaja membawa anaknya untuk mendengarkan ceramhanya UAS. “Pesan yang disampaikan bagus. Diselingi humor khas Pak Ustadz,” jelas Johan.

Johanes Mambrasar (23) menilai UAS sosok mempersatu bangsa dan bisa menjadi panutan rakyat Indonesia. “Saya Kristen datang bersama ribuan umat Islam bisa kumpul damai di sini untuk dengarkan ceramah,” kata JOhanes.

Johanes mengatakan, persaudaraan di Sorong bisa menjadi contoh di Indonesia. “Kami bersaudara walau beda agama,” jelas Johanes.

Ia sengaja datang mendengarkan ceramah UAS dan berdesakan dengan jamaah lainnya ingin melihat langsung sosoknya. “Selama ini saya lihat di ponsel,” pungkasnya.