Tokoh NU Ini Tegaskan Dakwah Bukan Pengerahan Massa

KH Luqman Hakim (IST)

Berdakwah itu bukan pengerahan massa dengan memakai simbol agama dengan tujuan politik.

“Dalam kenyataan yang lebih memprihatinkan, ada pula penggalangan massa berkedok dakwah atau memakai simbol-simbol agama,” kata tokoh NU KH Luqman Hakim dikutip islamrahmah.co

Kata Kiai Luqman, dakwah itu merupakan tuntunan, dan bukan tontonan semata. Dakwah juga bukan ajang untuk menampilkan eksistensi diri.

“Apabila dakwah sudah dijadikan industri, maka esensi dakwah hilang dan berubah menjadi bisnis dengan menjual ayat-ayat agama,” ungkapnya.

Menurut Kiai Luqman, Nabi berdakwah mengajak umat Islam kepada jalan Allah, dan bukan ke jalan dunia. Para ulama dahulu pun berdakwah melalui ilmunya, dan bukan menjadikannya sebagai profesi atau aktivitas untuk meningkatkan karir.

“Nabi berdakwah, mengajak menuju Allah Swt. Bukan mengajak pada dunia atau alam. Sufi berdakwah menuju jalan Tuhan, dengan hikmah dari cahaya-Nya. Ulama berdakwah dengan ilmuNya dan wacana kebajikanNya. Pemimpin dan cendekia berdakwah dengan logika-argumen yang lebih baik,” jelas Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Muhibbin, Caringin Bogor, Jawa Barat ini.