Erick Thohir Ketua Timses Jokowi-KH Ma’ruf, Republika Berpihak ke Penguasa?

Ada kemungkinan media massa Republika mengarahkan dukungan secara halus ke Jokowi-KH Ma’ruf setelah pemiliknya Eric Thohir menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan petahana di Pilpres 2019.

“Erick Thohir itu pemilik Republika dan sudah ditunjuk Ketua TKN, kemungkinan Repubika mengarahkan dukungan ke Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” kata pengamat politik dan komunikasi Zainal Abidin kepada suaranasional, Sabtu (8/9).

Menurut Zainal, saat Pilpres 2014, Republika baik cetak maupun online mengarahkan dukungan ke Prabowo-Hatta Rajasa. “Untuk Pilpres 2019 hampir semua mainstraim sudah ada digenggaman Jokowi,” paparnya.

Kata Zainal, kemungkinan arah dukungan Republika baik cetak dan online ke Jokowi-KH Ma’ruf untuk mengarahkan kalangan muslim perkotaan.

“Selama ini muslim perkotaan lebih condong ke Prabowo. Dan dengan pemberitaan dari Republika yang mendukung Jokowi-KH Ma’ruf ada harapan pemilih dari muslim perkotaan dan intelektual,” jelasnya.

Jokowi resmi mengumumkan nama Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) di Posko Cemara, Jakarta.

“Setelah saya dan Kiai Ma’ruf berkomunikasi dengan ketua umum, sekjen (sekretaris jenderal), dan banyak pihak, maka saya mengumumkan Ketua Tim Kampanye Nasional KIK adalah Erick Thohir,” ujar Jokowi di Posko Cemara, Jakarta, Jumat (7/9).