Lembaga Survei Ini Menangkan Edy-Musa di Pilkada Sumut

Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (IST)

Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) dalam surveinya untuk Sumatera Utara memenangkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah 54,22%.

“Sebanyak 54,22 persen responden lebih memilih Edy-Musa dan 40,13 persen responden memilih Djarot-Sihar,” ujar Manajer Riset LSPI Muhammad Ridwan dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (21/6).

Survei dilakukan dengan cara simulasi melalui kertas suara. Responden diminta memilih salah satu dari dua paslon dengan mengajukan pertanyaan seandainya pemilihan dilaksanakan saat survei dilakukan.

Ridwan mengatakan ada sekitar 5,65% responden yang tidak mencoblos salah satu dari dua paslon. Mereka mengembalikan kertas simulasi suara dan sama sekali tidak memberi tanda apapun di kertas tersebut.

Ridwan menyatakan seandainya 5,65% yang tidak menandai kertas simulasi seluruhnya memilih pasangan Djarot-Sihar, pemenang Pilgub tetap Edy-Musa. Ridwan menilai undecided voters menjadi kecil karena survei dilakukan dengan simulasi dan wawancara dengan sedikit mungkin pertanyaan.

Survei LSPI menggunakan metode survei multistage random sampling dengan jumlah responden 800 yang berasal dari 33 kawasan di Sumut. Tingkat kesalahan survei atau margin of error 3,46% dengan tingkat kepercayaan 95%.