NasDem Nilai Puisi Sukmawati Bagian Karya Seni

Sukmawati Soekarnoputri (IST)

Politikus Partai NasDem Johnny G Platemenilai puisi Sukmawati berjudul ‘Ibu Indonesia’ merupakan bagian dari karya Seni.

“Saya hanya bisa melihat itu sebagai karya seni,” kata Johnya, Selasa (3/4).

Johnny mengatakan hasil karya seni bergantung pada cara orang melihatnya. Dia mencontohkan lukisan wanita tanpa busana.

“Contoh karya seni lain pada saat pelukis melukiskan seorang wanita yang tidak berbusana. Begitu kita lihat, kita bilang itu merendahkan martabat manusia, menodai agama, bisa kan,” kata Jhonny.

“Tapi kalau kita lihat dari sisi seni apresiasi terhadap wanita seniman, itu sisi apresiasi dari karyanya sendiri dia punya nilai komersial yang tinggi. Nah sisi mana yang kita pakai terhadap karya seni? Saya tetap melihat puisi Sukma adalah karya seni,” sambungnya.

Menurutnya, puisi Sukmawati merupakan cermin perasaannya. Ia juga mengatakan Sukmawati merupakan seniman yang mengekspresikan seni-seninya.

Johnny menjelaskan seni tidak dapat dicampuradukkan dengan dunia politik. Menurutnya, bangsa akan rusak jika semua persoalan dibawa ke dalam politik.

“Kita ini jangan mencampuradukkan politik dan seni, politik, dan artis, politik jangan dicampuradukkan. Nah kalau itu dipolitisasi bukan seniman itu, itu orang politik dan kalau semua masalah kehidupan masyarakat dibawa ke politik, rusaklah bangsa ini,” ujar Jhonny.