Pemuda Aswaja: Pengikut Habib Umar Bin Hafidz tak Perlu Tersinggung Tulisan Gus Yahya

KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya (IST)

Tulisan Katib Syuriah PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) di Facebook tidak ditujukan kepada Habib Umar Bin Hafidz karena tidak menyebut nama ulama asal Yaman itu.

“Saya orang Jawa sudah saya baca beberapa kali tulisan Gus Yahya yang ramai itu dan tidak menyebut nama Habib Umar. Itu tulisan Gus Yahya sebagai otokritik untuk siapa saja,” kata Koordinator Pemuda Aswaja Nur Khalim dalam pernyataan kepada suaranasional melalui email, Jumat (20/10).

Kata Nur Khalim, harusnya pengikut Habib Umar mengikuti ahlak ulama asal Tarim yang selalu khusnuddon (berperasangka baik).

“Saya lihat kolom komentar di Facebook Gus Yahya penuh cacian. Semoga yang mencaci itu bukan pengikut Habib Umar,” jelas Nur Khalim.

Menurut Nur Khalim, sangat tidak masuk akal Gus Yahya Katib Syuriah PBNU menghina Habib Umar. “Habib Umar disambut para kiai PBNU dan santri NU,” jelas Nur Khalim.

Selain itu, kata Nur Khalim harusnya orang-orang yang menghujat Gus Yahya tabayyun lebih dulu. “Bisa hubungi melalui whatsapp Gus Yahya atau ketemu langsung di Rembang, itu lebih baik,” pungkas alumni pesantren di Jawa Timur ini.