Ikut Nobar Film G30SPKI, Kemungkinan Jokowi-Gatot di Pilpres 2019

Jokowi dan Gatot Nurmantyo (IST)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut nonton bareng (nobar) film pemberontakan G30SPKI memberikan sinyal mantan Walikota Solo itu akan berpasangan dengan Jenderal Gatot Nurmantyo di Pilpres 2019.

Demikian dikatakan pengamat politik Achsin Ibnu Maksum kepada suaranasional, Sabtu (30/9). “Presiden ikuti instruksi nobar Panglima TNI, ini cara Jokowi mengambil hati Gatot Nurmantyo,” ungkap Achsin.

Kata Achsin, Jokowi mengamati perkembangan di media sosial terkait popularitas Gatot Nurmantyo. “Jokowi ingin mendapat nilai positif di hadapan pendukung Gatot Nurmantyo khususnya dari kalangan Islam,” papar Achsin.

Achsin mengatakan, PDIP juga akan mengamati popularitas Gatot Nurmantyo untuk bisa disadingkan dengan Jokowi. “Tapi semua keputusan ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri,” pungkas Achsin.

Presiden Jokowi nobar pemutaran Film G30S/PKI bersama ribuan warga dan anggota TNI serta Polri di Makorem 061/Suryakancana, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat malam (29/9) mulai pukul 20.00 WIB.

Dari keterangan Bey Machmudin, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Jokowi malam itu tampak mengenakan jaket merah dipadu celana hitam tiba di lokasi sekira pukul 20.00 WIB dan langsung menempati tempat yang berada persis di hadapan layar.