Karnaval Kemerdekaan di Bandung, Jokowi Ingin Raih Suara di Jabar

Presiden Jokowi di Festival Kemerdekaan di Bandung (IST)
Presiden Jokowi di Festival Kemerdekaan di Bandung (IST)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri karnaval kemerdekaan di Bandung mempunyai tujuan politis untuk meraih suara wilayah Jawa Barat di Pilpres 2019.

“Pilpres 2014, suara Jokowi kalah, maka mantan Wali Kota Solo itu melakukan pendekatan budaya terhadap warga Jabar. Ia pun rela berpakaian Sunda ikut festival,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada suaranasional, Senin (28/8).

Kata Muslim, saat ini, Jokowi sudah mempunyai tujuan untuk menjabat dua periode dan segala dilakukan. “Antusias warga Jabar terhadap Jokowi di Festival Kemerdekaan bisa dikapitalisasi media pendukung maupun buzzer bahwa Jokowi masih dicintai rakyat khususnya warga Sunda dan Jabar,” papar Muslim.

Menurut Muslim, suara di Jawa Barat sangat menentukan Jokowi di Pilpres 2019. “Kalau Jawa Tengah sudah jadi basis massa Jokowi, dan saat ini kawasan Sunda terus digarap akan menjadi pemilih Jokowi di Pilpres 2019,” papar Muslim.

Selain itu, kata Muslim, Jokowi memberikan bantuan sosial dan pembangunan infrstruktur untuk wilayah Jabar. “Agar rakyat Jabar mempunyai pandangan Jokowi itu baik dan dipilih kembali,” pungkas Muslim.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/8).

Jokowi mengenakan baju adat Sunda dengan dominasi warna ungu. Selain itu Presiden  mengenakan ikat kepala lengkap serta memakai bustong yang dibuat oleh pengrajin dari Tasikmalaya.