Kapolri Tolak TPF Kasus Novel Baswedan

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (IST)
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (IST)

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menegaskan tidak perlu Tim Pecari Fakta (TPF) kasus Novel Baswedan karena sudah ada tim bentukan Polri dan KPK.

“Saya pikir kita harus percaya kepada institusi KPK karena teman-teman di KPK kan cukup kredibel. Kalau saja dibentuk tim gabungan independen, misalnya, ini kan sifatnya mencari fakta, bukan melakukan investigasi,” kata Tito, Senin (31/7).

Tito mengatakan investigasi dapat melakukan penyelidikan lebih mendalam sampai menemukan data mentah. Tim investigasi bahkan dapat melakukan analisis IT untuk mengungkap kasus tersebut.

Baca juga:  Sebut Kasus Rohingya untuk serang Pemerintah, Aktivis Politik: Kapolri tak Punya Rasa Kemanusiaan

“Investigasi itu lebih mendalam lagi, dia masuk sampai ke data-data mentah, istilahnya. Yang melakukan langkah-langkah investigasi termasuk melakukan analisis IT dan seterusnya,” katanya.

Tito mengakui kinerja polisi dalam mengusut kasus Novel selama ini dipandang kurang kredibel. Untuk itu, pihaknya meminta publik mempercayakan pengusutan kasus tersebut kepada Polri dan tim KPK yang dinilai kredibel.

“Nah selama ini juga tim Polri bekerja, oke kalau mungkin misalnya kalau dianggap kurang kredibel, saya kira tim dari KPK sangat dipercayai publik, dan kredibel. Oleh karena itulah kita berpikir kenapa tidak digabungkan dengan KPK supaya bersama-sama, sebaiknya kita percayai kedua lembaga ini, baik Polri dan KPK,” tuturnya.

Baca juga:  NU Doakan Gleen Fredly Diampuni Segala Kesalahan