Progres 98: Terkait Tuduhan PKI, Publik Tunggu Pernyataan Jokowi di Pengadilan

Buku Jokowi Undercover (IST)
Buku Jokowi Undercover (IST)

Saat ini publik menunggu pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pengadilan terkait buku karya Bambang Tri (BT) yang menuding mantan Wali Kota Solo itu anak PKI.

“Publik menunggu gelar pengadilan untuk memastikan: Apakah BT yang berbohong atau Jokowi? Misteri!” kata Ketua Progres 98 Faizal Assegaf dalam pernyataan kepada media, Ahad (1/1).

Kata Faizal, Sebaiknya Presiden Jokowi ikut mendorong kasus ini di proses hingga ke pengadilan. Agar kebenaran atau fitnah dapat dibuktikan secara transparan.

“Sebab berbagai kalangan menduga oknum Bambang Tri (BT) hanyalah “umpan” yang dipakai untuk menggulirkan tuduhan tersebut. Bisa jadi ada pihak lain yang disinyalir memiliki data valid,” papar Faizal.

Menurut Faizal, kalau pengadilan di gelar dan muncul bukti akurat dibeberkan maka tamatlah kekuasaan Jokowi. Tapi kalau tidak benar, maka BT perlu dihukum seberat-beratnya.

“Sebab selain BT, isu menyangkut Jokowi anak PKI sering kali dihembuskan oleh berbagai pihak. Dan tudingan ini tidak pernah dibantah secara tegas oleh Jokowi,” pungkas Faizal.