by

Presiden Jokowi Urus Pungli Meski Hanya Rp 10 Ribu

Presiden Jokowi (IST)
Presiden Jokowi (IST)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan memberantas pungutan liar (pungli) hingga ke bawah, bahkan yang hanya Rp 10.000 akan diurus.

“Bukan hanya Rp 500.000 atau Rp 1 juta, urusan Rp 10.000 pun akan saya urus,” kata Presiden dalam acara penyerahan 3.515 sertifikat tanah program strategis 2016 di Surakarta, Ahad (16/10).

Hal ini diungkapkan menanggapi beberapa kritikan terhadap pengungkapan pungli di Kementerian Perhubungan yang nilainya kecil untuk ditangani Presiden.

“Bukan urusan uangnya. Banyak yang sampaikan ke saya, Pak Presiden kemarin di Kementerian Perhubungan hanya ada uang berapa juta saja diurus. Bukan hanya urusan kecil sepeti itu, yang lebih kecil pun akan saya urus,” tegas Jokowi.

Baca juga:  Aktivis Malari 74: Petani Terancam Gagal Panen, Jokowi Asyik Pencitraan

Kata Jokowi, pungli yang kecil-kecil ini justru sangat menjengkelkan dan meresahkan sehingga harus dibangun budaya yang baik dan cepat.

“Memang kecil tapi kalau dari Sabang sampai Merauke, ada di kantor instansi, pelabuhan dan jalan raya, kalau dihitung bisa puluhan triliun,” ungkapnya.

Presiden menegaskan akan mengurus, mengkontrol, dan mengawasi pelayanan masyarakat agar berjalan baik dan terbebas dari pungli walaupun nilai kecil sekalipun.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed