Kalah Berani dengan Gubernur Tokyo Perempuan, Ahok seperti Banci Kaleng

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Liputan6.com/Delvira Chaerani Hutabarat)
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Liputan6.com/Delvira Chaerani Hutabarat)

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang tidak berani maju melalui independen kalah keberaniannya dengan Yuriko Koike, gubernur Tokyo yang terpilih melalui jalur independen.

“Yuriko Koike itu sosok perempuan yang berani, maju melalui independen dan menjadi gubernur Tokyo. Ini prestasi luar biasa,” kata aktivis politik Ahmad Lubis kepada suaranasional, Rabu (3/8).

Kata Lubis, sikap yang ditunjukkan Ahok itu tidak layak dicontoh bagi generasi muda yang ingin terjun di dunia politik. “Ahok itu pragmatis dan seperti banci kaleng,” sindir Lubis.

Lubis mengatakan, harusnya Ahok itu bisa meniru Yuriko Koike terlebih lagi TemanAhok mengaku memperoleh satu juta KTP. “Kalau melalui parpol buat apa satu juta KTP itu,” papar Lubis.

Yuriko Koike mencatatkan sejarah baru di Jepang, menjadi perempuan pertama yang menjabat gubernur ibu kota negara Tokyo.

Maju di jalur independen, politikus berusia 64 tahun itu menang besar pada pemilihan, Minggu (31/7). Ia meraup 2,9 juta dukungan, mengalahkan pesaing terberatnya Hiroya Masuda yang mengantongi 1,8 juta suara.