Ini Dia Bukti Saat Jadi Wapres, Bisnis JK Makin Menggurita

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK (IST)
Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK (IST)

Jusuf Kalla (JK) terkenal sebagai seorang pengusaha sukses. ia juga politisi ulung yang selalu menjadi pejabat di saat terjadi pergantian kekuasaan.

Dalam catatan, Direktur Eksekutif Pusat Kajian Energi dan Lingkungan (PKEL), Engkus Munarman, sewaktu JK menjadi Wakil Presiden mendampingi SBY, bisnis keluarga Kalla berkembang pesat.

Aktivis 1978, Abdulrachim Kresno mengungkapkan JK dan keluarganya memainkan berbagai proyek bisnis di antaranya Kalla Group, Bukaka Group, Bosowa Group, dan Intim Group. Semuanya mengalami masa-masa panen raya saat JK berkuasa.

Abdulrachim mengemukakan Bukaka memperoleh order pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Ussu di Kabupaten Luwu Timur, berkapasitas 620 mega watt (MW), dan PLTA senilai Rp1,44 trilyun di Pinrang. Bukaka juga membangun PLTA dengan tiga turbin di Sungai Poso, Sulawesi Tengah, yang berkapasitas total 780 MW.

Menurut Abdulrachim, selain ditengarai memainkan pengaruh kekuasaan untuk mendapatkan bisnis ini, pelaksanaannya pun melanggar aturan. PLTA Poso, misalnya, mulai dibangun sebelum ada analisa mengenai dampak lingkungan (AMDAL) yang memenuhi syarat. Begitu juga dengan jaringan saluran udara ekstra tinggi (SUTET)-nya ke Sulawesi Selatan & Sulawesi Tenggara dibangun tanpa AMDAL.

Di Sumatera Utara, kelompok yang dipimpin Achmad Kalla, adik kandung Jusuf Kalla mendapat order pembangunan PLTA di Pintu Pohan, atau PLTA Asahan III berkapasitas 200 MW. Lewat PT PT Bukaka Barelang Energy, Bukaka juga terlibat dalam pembangunan pipa gas alam senilai US$750 juta. Proyek ini akan melintang dari Pagar Dea, Sumatera Selatan, ke Batam.

Lanjut Abdulrachim, Bukaka juga digerojok seabrek proyek listrik semasa JK jadi Wapres. Di antaranya membangun pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) senilai US$92 juta di Pulau Sembilang, dekat Batam.

Selain itu,  ada pembangunan pembangkit listrik tenaga gas di Sarulla, Tarutung, Sumatera Utara, yang akan menghasilkan listrik 300 MW. Juga ada pembangunan 19 PLTA berkekuatan 10.000 MW. Guna merealisasikan proyek ambisius ini.

“JK mendorong Bank Pembangungan Daerah (BPD) se-Indonesia untuk membiayai dengan mengandalkan dana murah yang dimilikinya,” ungkap Abdulrachim.

Dalam catatan Rakyat Merdeka, 7 Juni 2006, Kelompok-kelompok bisnis seperti Bukaka, Bosowa , dan Intim (Halim Kalla) masuk dalam paket kontraktor pembangunan 19 pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Kelompok Bosowa mendapat order pembangunan PLTU Jeneponto di Sulsel, tanpa tender.

GlobeAsia, Sept. 2008, hal. 38 melaporkan, Kelompok Intim milik Halim Kalla, membangun PLTU berkapasitas 3 x 300 MW di Cilacap, Jateng. Proyek ini mengandalkan pasokan bahan baku batubara dari konsesi pertambangan batubara seluas 5.000 ha milik kelompok Intim di Kaltim.

Baca juga:  Presiden Tunjuk Gibran Ketua Pelaksana ASEAN Para Games, Muslim Arbi: Jokowi Menyuburkan Nepotisme