by

Pakar Kesehatan Sebut Puasa Sembuhkan Sakit Maag

Ilustrasi sakit maag (IST)
Ilustrasi sakit maag (IST)

Orang yang tidak memiliki riwayat sakit maag tak disarankan mengkonsumsi obat untuk mencegah penyakit ini selama berpuasa.

Spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Ciptomangunkusumo, Dr. dr. Ari Fahrial Syam mengatakan, anggapan masyarakat bahwa untuk mencegah sakit maag saat berpuasa sebaiknya meminum obat maag tidaklah tepat.

“Jelas mitos ini tidak tepat,” kata dia dalam keterangan tertulisnya hari ini.

Menurut Ari, puasa akan membuat kondisi penderita sakit maag membaik, apalagi bagi orang yang tidak memiliki riwayat sakit maag. Oleh karena itu, konsumsi obat maag bagi mereka yang tidak sakit maag tidak disarankan.

“Justru orang yang mempunyai sakit maag, sakit maagnya akan membaik saat berpuasa apalagi orang yang memang tidak mempunyai sakit maag tentu akan lebih sehat saat berpuasa dan tidak perlu obat untuk mencegah agar tidak sakit maag,” pungkas dia.

Baca juga:  Lihat Perempuan dengan Syahwat, Batalkan Puasa?

Spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Ciptomangunkusumo, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP., mengatakan, berpuasa justru membuat sakit maag khususnya maag fungsional sembuh.

Ari mengatakan, sebagian besar hasil penelitian menunjukkan bahwa 70-80 persen sakit maag di masyarakat merupakan sakit maag fungsional.

Kondisi ini disebabkan karena ketidakteraturan makan dan kebiasaan mengonsumsi camilan yang tidak sehat, terutama yang dapat memperburuk sakit maag seperti makanan asam, pedas, cokelat dan keju.

“Jika mereka berpuasa maka makannya menjadi teratur pada buka dan sahur, pasti akan mengurangi camilan yang tidak sehat, dan tidak merokok sepanjang hari karena sedang berpuasa. Selain itu selama melakukan rangkaian ibadah puasa mereka yang sakit maag akan lebih melakukan pengendalian diri,” kata dia dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga:  Hukum Puasa Orang Tua Lemah dan Pikun

“Hal ini semua akan membuat orang sakit maag yang sebagian besar karena sakit maag fungsional sakit maagnya akan sembuh,” tambah dia,

Ari menambahkan, sakit juga berhubungan dengan faktor stres baik di keluarga atau pekerjaan.

loading...

Loading...

News Feed